Tanya Dokter

  • disentri pada bayi

  •  John Invoker
    Anggota

    Dok,anak saya sakit,usia 10bln. Kmarin sudah k dokter diagnosa nya disentri.sudah diberikan obat. Pertanyaan saya apakah pada saat pengobatan (terhitung kemarin) darah pada pup nya memang akan tetap keluar?hr ni pup nya sudah 4x,3x berdarah,1x tdk.tp tetap encer.

    Halo,   Tanda bahwa pengobatan berhasil adalah dengan semakin jarangnya BAB pada bayi Anda dan tentunya disertai dengan tidak adanya darah pada feses bayi. Namun hal ini tentunya tidak bisa terjadi secara instan, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 2 hari untuk benar benar darah menghilang dari feses bayi dan bentuk feses kembali normal. Tetapi jika darah masih terdapat pada feses bayi dan bayi Anda masih mengalami diare > 2 hari bahkan dengan pengobatan maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi bayi Anda kembali ke dokter anak. Disentri adalah salah satu infeksi parasit pada usus yang menimbulkan keluhan diare disertai lendir dan darah. Pada bayi hal ini bisa membahayakan karena bisa menyebabkan kondisi dehidrasi dan anemia. Penanganan tambahan yang bisa Anda berikan selain pengobatan dari dokter adalah :

    1. Menjaga kebersihan makanan dan alat makan serta perawat bayi (ibu).
    2. memasak makanan hingga matang dan juga menggunakan air yang sudah dimasak hingga mendidih.
    3. Membersihkan bokong bayi sesegera mungkin sehabis diare dan segera mencuci tangan pengasuh bayi dengan sabun agar mencegah penularan.
    4. Membuang popok sekali pakai langsung ke tempat sampah dengan terlebih dahulu membungkusnya dengan plastik untuk mencegah penularan.
    5. Memberikan cukup cairan, air putih, susu, oralit/ pedialit kepada bayi.
    6. Memberikan makanan lunak porsi kecil tapi sering.
    7. Hindari memberikan jus buah terlebih dahulu. Satu satunya buah yang aman dikonsumsi adalah pisang.
    Baca topik Disentri. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi