Tanya Dokter

  • disfungsi ereksi psikologis

  •  razya26
    Anggota

    Permisi dok, saya pria umur 26 thn, saat melakukan hubungan seringkali penis saya mendadak turun, meskipun saat itu nafsu lagi tinggi, saya pikir dulu ini hal sepele, tapi lama kelamaan jadi sangat menggangu, pikiran atau tubuh saya jdi sangat sensitif, ktika ada pikiran atau misal posisi tidak nyaman langsung saja penis saya jd turun di tengah berhubungan,saya coba googling ini mirip dgn disfungsi ereksi psikologis,sy tdk ada masalah dgn ejakulasi, tdk ada riwayat penyakit parah apapun,saya aktif olahraga (gym), apakah ada semacam obat atau terapi untuk hal ini? Krn saya takut kdepannya semakin marah, krn saya jd minder dan tdk rileks saat melakukan hub, mohon bantuannya..terimakasih dok

    Hai,   Disfungsi ereksi adalah kesulitan saat memulai atau mempertahankan ereksi yang terjadi saat berhubungan intim terlepas dari ada atau tidaknya rangsangan seksual. Penyebabnya sangat bervariasi antara lain :

    1. Gangguan pembuluh darah = atherosklerosis dll.
    2. Kelainan persarafan = diabetes, multiple sklerosis, alkohol, penyakit oada tulang belakang bagian bawah ( lumbal dan sacrum)/dll.
    3. Obat obatan
    4. Masalah pada penis
    5. Permasalahan psikologis = depresi, kecemasan, dll.
    Untuk mengetahui penyebab pasti, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes urin, USG dll akan diperlukan. Selain itu pengambilan anamnesa / riwayat penyakit juga berperan untuk menentukan penyebab impotensi ini. Terkadang untuk membedakan apakah penyebab berasal dari fisik ( masalah kesehatan) atau psikis maka adanya ereksi di pagi hari bisa menjadi salah satu alat diagnostik. Pada beberapa kasus dimana ereksi pagi hari masih ada maka kemungkinan permasalahan psikis lebih berat dibanding fisik. Dan jika bahkan saat pagi hari tidak bisa ereksi maka kemungkinan terjadinya indikasi fisik/ medis lebih besar daripada psikis. Penanganan tentu akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebab lebih ke psikis maka konsultasi dengan psikolog / psikiater akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan ini. Teknik khusus bisa dilakukan pada gangguan psikis ini dengan teknik pemusatan 3 tahap. Tahap 1: pemusatan pikiran kepada menyenangkan pasangan tanpa menyentuh organ intim. Tahap 2: mulai menyentuh organ intim Tahap 3 : melakukan hubungan badan. Teknik ini dipusatkan untuk membangun kehangatan dan kedekatan emosional antara pasangan agar mempermudah pemusatan pikiran yang menyebabkan gagalnya ereksi. Jika teknik ini tidak berhasil maka bisa dilakukan psikoterapi / terapi perilaku seksual lain yang disesuaikan dengan kondisi masing masing. Sementara jika didapatkan temuan fisik sebagai penyebab impotensi Anda maka pengobatan akan disesuaikan dengan jenis indikasi medis yang ada atau dengan pemberian obat obatan. Beberapa jenis obat untuk mengatasi permasalahan impotensi ini adalah dengan :
    1. Sidenafil
    2. Tardanafil
    3. Vildenafil
    Baca artikel mengenai Impotensi di SINI. Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi