Tanya Dokter

  • cara agar jalan bisa kembali normal dengan riwayat dislokasi tulang

  •  Gunawan26
    Anggota
    Dok saya mau tanya , umur saya sekarang 15 tahun, pada saat saya umur 14 tahun saya mengalami kecelakaan motor yang mengakibatkan dislokasi tulang bonggol,lalu saya di operasi, beberapa bulan setelah itu saya merasa kalo saya sudah sembuh total. Jadi saya bermain bola. Beberapa bulan kemudian kaki saya merasa nyeri di tulang paha atas dan jalan saya rada pincang. Bagaimana caranya supaya jalan saya kembali normal dan dapat beraktivitas kembali seperti biasanya. Termia kasih

    Halo,

     

    Nyeri dan posisi jalan yang menjadi tidak seimbang sebaiknya segera diperiksakan kembali ke dokter ortopedi, apalagi jika nyeri yang terjadi berkaitan dengan tulang yang mengalami dislokasi sebelumnya.

    Untuk latihan fisik paska dislokasi atau patah tulang memang sebaiknya Anda tidak memaksakan sebelum Anda diperiksa oleh dokter. Apalagi jika Anda sampai dioperasi akibat dislokasi tersebut. Kondisi pincang saat ini bisa saja terjadi akibat re dislokasi yang terjadi pada tulang sebelumnya.

    Hanya dengan pemeriksaan rontgen dan CT SCAN lah yang dapat mengetahui kepastian kondisi tulang Anda. Dokter juga baru bisa menentukan penanganan yang terbaik setelah memeriksa kondisi Anda dengan seksama.

    Hindari melakukan latihan fisik berat pada kaki Anda, kompres dingin untuk meredakan nyeri, gunakan bandage atau alat support khusus untuk kaki.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi