Tanya Dokter

  • Dislokasi siku pada lengan kiri

  •  Delis Sahra
    Anggota
    Selamat malam Dok, saya Delis, umur 22thn. Saya mengalami dislokasi siku di lengan kiri saya akibat terjatuh pada umur 9thn. Karena memang dulu saya tidak mendapatkan penanganan medis dan hanya di tangani secara tradisional saja, imbasnya sampai sekarang posisi tulang siku saya bergeser, tidak ada pada posisi yang semestinya. Selama 12thn terakhir ini ada rasa nyeri di daerah sekitar siku memeng, namun itupun sangat jarang saya rasakan. Tapi beberapa bulan terakhir ini, intensitas rasa nyerinya lumayan sangat sering muncul di barengi dengan ada sensasi semacam rasa panas di sekitar siku. Yang ingin saya tanyakan, apa setelah di biarkan selama bertahun-tahun lengan kiri saya masih bisa mendapatkan penanganan secara medis? Dan jika memang memungkinkan masih bisa, bagaimana kira2 gambaran tindakan penangannannya? Mohon Dokter berkenan untuk memberikan jawaban, Terima kasih.

    Halo Delis, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Adanya dislokasi sendi ataupun patah tulang perlu penanganan medis agar terhindari dari adanya kondisi displacement dari sendi atau tulang. Kondisi Anda saat ini dapat terkait dengan kecelakaan atau trauma sebelumya, namun juga tidak menutup kemungkinan adanya kondisi lainnya yang menyebabkan keluhan Anda saat ini. Beberapa kondisi yang dapat dipertimbangkan menjadi penyebab keluhan Adnda saat ini adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya penekanan pada saraf yang mempersarafi bagain sendi siku. 
    2. Adanya penekanan ada pembuluh darah
    3. Kalsifikasi atau pengapuran yang disebabkan adanya displacement  dari sendi atau tulang sekitarnya
    4. Adanya peradangan pada sendi siku atau dikenala sebagai arthritis.
    5. Adanya infeksi pada sendi atau tulang ataupun jaringan sekitar sendi
    6. Adanya kondisi medis lainnya. 

    Gambaran untuk penanganan dari kondisi Anda saat ini sangat bergantung dari penyebab dari kondisi Anda. Sehingga disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Adanya pemeriksaan  lanjutan seperti rontgen atau CT San ataupun pemeriksaan lainnya sangat bergantung dari hasil konsultasi Anda nantinya. Dengan demikian dapat dilakukan penanganan yang sesuia demi mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.  

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi