Tanya Dokter

  • Obat kista untuk mengatasi nyeri berlebihan saat menstruasi

  •  Yofi26
    Anggota

    sore dok, saya sejak gadis sudah mengalami dismenore dan untuk menghilangkan rasa sakit berlebihan saya sering ke bidan dan disuntik penghilang rasa sakit, sampai suatu x saya kedokter spesialis dan check rahim dan hasilnya smua normal. sampai akhirnya saya menikah dan memiliki anak tapi setiap saya datang bulan dua minggu sebelum saya sudah mengalami tiba2 sakit sekitar perut dan sakitnya itu kadang sampai membuat saya gak bisa berdiri. tiga hari yang lewat saya check lagi kedokter spesialis. hasilnya ada luka disaraf dinding rahim. dan saya diksh konsumsi obat visanne. tapi setelah saya baca artikel tentang obat itu adalah obat untuk penderita kista, apakah saya tetap menggunakan obat ini?

    tks

    Yofi26  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Yofi26,

     

    Dismenorhea merupakan terjadinya nyeri pada perut bagian bawah yang pada sebelum atau saat mengalami menstruasi dan disebabkan karena adanya kontraksi dari dinding otot rahim sehingga terjadi penekanan pada pembuluh darah dan menyebabkan kurangnya asupan oksigen pada daerah rahim sehingga mengakibatkan rasa nyeri. Nyeri dismenorhea umumnya dapat hilang dalam 2 sampai 4 hari dan semakin bertambahnya usia maka umumnya nyeri ini dapat menghilang dengan sendirinya.

     

    Beberapa kondisi dimana nyeri dismenorhea dapat terasa sangat hebat diantaranya peradangan panggul, endometriosis, adenomiosis (terjadinya pertumbuhan lapisan dinding rahim ke daerah luar), atau pada penyempitan serviks (mulut rahim).

     

    Obat yang anda sebutkan merupakan obat dengan kandungan aktif progestin. Obat yang tergolong hormonal ini umumnya digunakan untuk mengatasi rasa nyeri pada penderita endometriosis. Sebaiknya anda mengikuti anjuran yang sudah diberikan oleh dokter dan juga mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran yang telah diberikan namun apabila setelah mengkonsumsi obat dan mengikuti anjuran tetapi masih terdapat keluhan nyeri pada menstruasi yang kerap muncul dan tidak tertahankan, sebaiknya anda melakukan kontrol ke dokter kandungan tempat anda melakukan pemeriksaan sebelumnya agar dapat dilakukan evaluasi terhadap pengobatan yang telah diberikan.

     

    Anda disarankan untuk mengompres dengan air hangat untuk meredakan rasa nyeri. Anda juga disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol ataupun kebiasaan merokok. 

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi