Tanya Dokter

  • Divonis BO oleh SPOG

  •  vickedio
    Anggota

    Selamat pagi dok.. saya perempuan 25th, baru menikah selama 6 bulan.. sblmnya saya tdk ada riwayat keguguran dok.. minggu lalu saya testpack hasilnya positif dan cek ke bidan. Oleh bidan saya diberitahu kehamilan saya sdh 6w lalu diberi premaston 1x1 dan caviplex 1x1 untuk sebulan. minggu ini saya usg, dokter spog bilang ada kemungkinan saya BO. Sekedar catatan dok, saya tidak ada flek dan pendarahan sama sekali, hanya ngilu saja di perut bawah.. lalu oleh dokter usg saya diberi duphaston 2x1, folavit 1x1, caviplex 1x1, dan mirasic 2x1 krn saya ada demam. Dan disuruh usg 2 minggu lagi..

    Pertanyaan saya: 1. Apakah umum jika usia kehamilan 7w janin blm terlihat lwt usg 2d? Usia brp week janin biasanya sdh terlihat dok? 2. Apakah curiga BO ini dipengaruhi oleh saya yg sering demam? Saya demam hampir tiap 2 hari sekali dok.. dokter usg saya bilang, ibu hamil trimester pertama tdk boleh demam 3. Apakah masih ada kemungkinan janin saya berkembang mengingat saya tdk ada flek sama sekali? 4. Apakah duphaston yg diberikan dokter tsb sdh tepat dgn kondisi saya dok? Saya searching di google, ktnya duphaston termasuk obat yg dilarang.. 5. Apakah ada cara lain yg bisa saya lakukan agar janin saya bs berkembang disamping minum duphaston dll?

    Maaf sekali dok pertanyaan saya banyak.. Sebelumnya terima kasih ya dok atas penjelasannya..

    -vicke dio-

    Hai Vickedio, Jawaban atas pertanyaan Anda: 1. Di usia 7 minggu kehamilan, umumnya janin sudah dapat terlihat di USG. Kantung kehamilan sudah mukai terlihat di usia 4 minggu kehamilan dan di usia 5 minggu mulai terlihat titik embrio yang terbentuk dibagian tengah kantung kehamilan 2. Tentu sebaiknya ibu hamil berada dalam kondisi kesehatan yang prima, terutama di saat trimester pertama kehamilan. Demam yang terjadi oada ibu hamil muda umumnya disebabkan oleh: hormon kehamilan, dehidrasi akibat muntah atau malas minum, dan infeksi. BO yang mungkin Anda alami dapat saja diakibatkan oleh infeksi tersebut 3. Tentu tetap ada kemungkinan jani Anda berkembang, terutama saat Anda merasakan tidak ada keluhan sama sekali. Tetap periksakan kehamilan Anda secara teratur, lakukan second opinion jika perlu, dan jaga kehamilan Anda dengan menjaga kesehatan Anda, makan makanan sehat setiap hari. 4. Duphaston merupakan obat hormonal yang aman bagi kehamilan, diindikasikan terhadap beberapa kondisi kehamilan yang diakibatkan oleh gangguan hormonal. Baca: Duphaston-wikipedia 5. Kondisi janin Anda belum dapat dipastikan BO terlebih dengan tidak adanya gejala lain yang timbul. Jika BO terjadi, umumnya kehamilan akan berakhir dengan sendirinya lewat keguguran spontan. Jika Anda tidak mengalami hal itu maka sebaiknya Anda tidak perlu terlalu stres atau cemas. Justru cemas dan stres akan mengganggu perkembangan kehamilan Anda saat ini. Anda dapat mengobservasi bersama sama dengan dokter, akan perkembangan janin ini. Pola hidup sehat, bebas stres dan makan akan sehat dapat membantu perkembangan jani yang baik. Demikian informasinya, semoga bermanfaat ya.