Tanya Dokter

  • pengobatan diabetes tipe 2

  •  Yulia Mufidah
    Anggota

    selamat siang dok, ayah saya penderita DM Tipe 2 + HNP + Anemia sudah sejak 1981. usianya sekarang 59 th.

    sudah kurang lebih 8 bulan ini sering opname karena Hb selalu rendah,

    untuk diabetnya dari dokter sejak 3 bulan terakhir diganti terapi obat acarbose 100 diminum 3x1/2 tab tanpa kombinasi lain, padahal sebelumnya sempat menggunakan glimepirid sejak lama dan beberapa kali menggunakan insulin tetapi seringkali mengalami hipoglikemia.

    GDP setiap pagi saya cek sendiri di rumah selalu terkontrol antara 100-130an, hasil lab terakhir yaitu pemeriksaan elektroforesis menunjukkan penyebab anemia karena penyakit kronis. ayah saya tidak pernah periksa Hba1c. hasil lab USG abdominal masih normal, Rongten juga normal. 

    yang ingin saya tanyakan :

    1.mengapa sejak menggunakan acarbose BB ayah saya turun padahal diet makan baik? 

    2. apakah bila sewaktu2 GDP naik diatas 130, acarbose bisa dikombinasi dengan glimepirid?

    3. apakah obat lain seperti captopril, allupurinol dan simvastatin mempengaruhi kerja obat DM tersebut dok?

     

    mhon penjelasannya terimakasih

     

    Hai Yulia,

    Terima kasih sudah bertanya di forum alodokter.

    Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Pengobatan diabetes tipe dua prinsipnya adalah melakukan pola hidup sehat, termasuk menerapkan pola makan yang sehat seperti meningkatkan konsumsi makanan kaya serat, menghindari makanan berlemak atau berkadar gula tinggi. Berat badan yang cenderung turun tidak dapat langsung dikaitkan dengan efek mengonsumsi obat tertentu seperti acarbose, sebaiknya Kamu membawa ayah untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Gizi Klinik agar dapat dilakukan evaluasi menu makanan sehari-hari, Dokter Gizi akan memberikan saran mengenai menu serta jumlah asupan makanan yang dapat dikonsumsi oleh ayah Kamu, untuk mempertahankan berat badan ideal serta menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik.

    Mengenai terapi kombinasi obat, hal ini sangat tergantung pada kondisi medis serta respon kondisi pasien terhadap pengobatan, jadi, hindari mengombinasi obat dengan sendiri tanpa saran dari Dokter yang telah memeriksa ayah Kamu ya

    Perlu diketahui bahwa masing-masing obat memiliki cara kerja tersendiri, obat-obat yang Kamu sebutkan tidak mempengaruhi obat diabetes sepanjang Kamu menggunakannya sesuai dengan instruksi Dokter. Yang dipengaruhi adalah target tekanan darah pada penderita diabetes dapat berbeda dengan penderita non diabetes.

    Artikel berikut dapat menambah wawasan Kamu:

    Menu Sehat Bagi Penderita Diabetes

    Sekian semoga dapat membantu.

    dr. Annes