Tanya Dokter

  • Penyebab diare/mencret

  • Dok saya seminggu ini badan saya lemas kencing gelap pup saya mencret tapi tidak demam cuma hari pertama demam nya, perut saya sering sakit ketika habis makan dok, tulang nyeri juga, itu knp ya dok?

    Hai Warna urin dapat dipengaruhi oleh faktor makanan, minuman, kondisi cairan tubuh serta beberapa penyakit tertentu. Kemungkinan yang paling sering menimbulkan urin berwarna gelap adalah:

    • Kurang minum air putih atau kekurangan cairan tubuh misal pada saat demam, aktivitas berlebih, keringat berlebih, mencret, dsb
    • Peningkatan kadar bilirubin darah misal akibat penyakit hepatitis. Urin akan berwarna kuning gelap seperti teh pekat, dan juga warna putih mata berwarna kekuningan.
    Adanya mencret yang didahului dengan demam dan disertai nyeri perut, kemungkinan terjadi infeksi pada saluran cerna dimana penyebab paling sering adalah infeksi virus. Penanganan utama dari mencret adalah banyak minum air putih dan oralit untuk mengganti elektrolit yang hilang melalui mencret. Oralit dapat Anda beli secara bebas di apotek terdekat atau membuatnya dengan cara mencampurkan 1/4 sendok teh garam dengan 1 sendok teh gula dalam 250 cc air hangat. Ini untuk mencegah agar tidak kekuranan cairah tubuh atau dehidrasi. Untuk memastikan penyebab pastinya diperlukan informasi lebih lengkap serta pemeriksaan langsung oleh dokter. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab mencret/diare. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william