Tanya Dokter

  • Obat untuk penyakit sifilis

  • dok selain di suntik apa ada cara lain untuk menyembuhkan penyakit sipilis yang masih di bawah 1minggu

    Halo Dayu, Sifilis atau raja singa merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Penularannya dapat terjadi melalui cairan tubuh terutama darah. Sifilis sendiri terbagi menjadi beberapa:

    1. Sifilis primer, dimana terdapat luka pada alat kelamin. Luka seperti gigitan serangga akan hilang secara sendirinya setelah 1-2 bulan. Bila pada fase ini melakukan hubungan seksual maka akan sangat mudah terjadi penularan.
    2. Sifilis sekunder, terdapat ruam merah pada telapak tangan maupun kaki sebesar koin disertai dengan demam, radang tenggorokan, dan penurunan nafsu makan. Pada fase ini dapat juga ditemukan kutil pada kelamin. Fase ini terjadi selama 1-3 bulan.
    3. Sifilis laten, akan muncul 2 -3 tahun setelah tidak timbul keluhan dari infeksi sebelumnya
    4. Sifilis tersier, merupakan fase yang sangat berbahaya, dimana infeksi akan menyerang hampir keseluruh organ tubuh hingga menyebabkan kematian.
    Periksakan diri kepada dokter dan ceritakan riwayat penyakit secara lengkap agar dapat di obati dengan tepat. Tidak disarankan untuk melakukan pengobatan sendiri dikarenakan gejala sifilis yang dapat hilang secara sendirinya dan akan kembali kambuh dengan infeksi yang lebih berbahaya. Pemberian obat-obatan sangat tergantung dari hasil pemeriksaan dan laboratorium pada saat dilakukan pemeriksaan. Apakah perlu dilakukan penyuntikan, jenis obat apa yang diberikan, dosis dan berapa lama sangat tergantung dari hasil pemeriksaan. Untuk lebih lengkapnya dapat membaca artikel tentang Sifilis. Semoga bermanfaat. dr. Aditya Pratama