Tanya Dokter

  • Payudara nyeri apakah normal ?

  •  Megansinta
    Anggota
    Dok apakah yg saya alami ini normal payudara saya serasa nyeri kduanya ketika saya menyusui suami saya saat ingin berhubungan intim . Saat dia isap kduanya serasa nyeri dan perih dok tpi tidak ada gejala penyakit matilis itu dok ktika iya remas juga tidak sakit dok hanya saja ketika di isap saja . Makasih

    Hai Megansinta,

    Nyeri pada payudara adalah hal yang lumrah terjadi pada wanita, yang dapat menjadi pertanda awal menstruasi juga tanda kehamilan awal. Selain nyeri payudara juga terasa kencang. Namun dapat menjadi pertanda suatu kondisi yang serius apabila disertai dengan penyerta lain seperti terabanya benjolan pada satu sisi payudara, bengkak, ruam kemerahan pada kulit, keluarnya cairan nanah jika puting ditekan hingga demam.

    Kondisi ini menandakan adanya suatu kecurigaan infeksi juga tumor yang memerlukan pengobatan yang sesuai. Kontak fisik saat berhubungan intim berupa sentuhan juga isapan pada payudara semestinya tidak menimbulkan nyeri, justru malah sebaliknya memberikan kepuasan dalam berhubungan, namun pada kondisi yang terlalu ekstrim maka mungkin akan menimbulkan sensasi nyeri.

    Apabila keluhan ini sering terjadi, juga disertai dengan keluhan lainnya seperti yang telah dijabarkan diatas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan dokter yang dilanjutkan dengan pemeriksaan lanjutan berupa USG mungkin akan diperlukan untuk menegakkan diagnosis pasti, sehingga pengobatan yang sesuai akan Anda dapatkan.

    semoga bermnafaat,

    dr. Tantya