Tanya Dokter

  • Hubungan haid dengan bekas sayatan operasi yang membengkak dan mengeluarkan nanah

  • dok, saya erru umur 19tahun. blan 3 kemarin saya operasi fam. lalu bulan 9 luka sayatan operasi itu membengkak,nyeri dan sakit lalu saya bilang kepada ibu dan akhirnya dibawa kedokter yg mengoperasi saya kemarin. lalu kata dokter itu karena mau menstruasi tetapi disitu saya juga mendapat suntikan dibekas sayatan operasi kemarin. setelah beberapa hari suntikan dan sayatan saya itu mengeluarkan nanah.

    yang mau saya tanyakan. apakah itu akan sperti itu jika akan menstruasi. dan apakah ada makanan yang harus saya hindari?

    Salam, Keluhan yang Anda rasakan kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi, sehingga kondisi ini dapat memicu nanah pada area terkait. Keluhan penyerta dapat berupa keluhan nyeri, radang pada area terkait, adanya pembengkakan, dan nanah yang menyertai. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal: 1. luka iritasi pada payudara 2. infeksi TBC payudara 3. abses payudara dengan infeksi non spesifik 4. dermatitis pada permukaan payudara 5. limfadenopati 6. mastitis non spesifik Bila keluhan ini masih mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan saat ini. Bila diperlukan, pemeriksaan penunjang dapat dilakukan , seperti mamografi untuk mendukung diagnosa. Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan. Yang perlu Anda lakukan adlah: 1. jangan menggunakan beha terlalu ketat 2. rawatlah luka bernanah dengan rutin 3. istirahat yang cukup Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi. dr. Ulfi