Tanya Dokter

  • Apakah kepala yang mengalami kebotakan bisa disembuhkan?

  •  Faris Subhan
    Anggota

    Saya mengalami botak M trus kakak saya jg, bagaimana cara menumbuhkan rambutnya kembali dok? Apa bisa tumbuh kembali? Saya mau coba minoxidil 5% masih ragu2 takut ada efek sampingnya. Apa dengan minoxidil saja bs tumbuh kembali dok? Mohon di balas ya dok.

    Halo,   Ya, rambut Anda bisa tumbuh kembali selama Anda mengetahui apa penyebab rambut botak Anda. Jika membaca bahwa kakak Anda juga mengalami hal yang sama (botak di kepala) maka faktor keturunan/ genetik mungkin berperan pada kebotakan yang Anda alami. Selain genetik, perubahan hormonal dan sensitivitas terhadap hormon DHT pada pria juga bisa menimbulkan keluhan kebotakan yang Anda alami. Baca topik Penyebab kerontokan rambut. Untuk menumbuhkan rambut Anda maka pemeriksaan penyebab rambut rontok Anda perlu dilakukan agar dokter bisa memberikan penanganan maksimal Penanganan rambut rontok / kebotakan bisa dengan melakukan :

    1. Pemberian obat oles = minoxidil.
    2. Hair transplant.
    3. Obat minum = tablet fonasterid
    4. Injeksi steroid pada daerah yang botak.
    Minoxidil merupakan salah satu obat oles yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut akibat keturunan atau perubahan hormonal. Minoxidil perlu digunakan secara terus menerus untuk memastikan rambut yang sudah tumbuh tidak akan rontok kembali. Beberapa efek samping minoxidil antara lain adalah :
    • Rasa terbakar pada tempat yang dioles.
    • Pertumbuhan rambut berlebih.
    • Sakit kepala.
    • Kerontokan sementara pada awal pengobatan.
    Untuk menilai apakah sebuah pengobatan memberikan efek terbaik maka Anda harus memeriksakan diri kedokter dan menyesuaikan jenis pengobatan Anda dengan penyebab kebotakan Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Faris Subhan  Arif Pawewang
    Anggota

    Assalam Dok.. Saya Baru berusia 25 tahun. Memang secara genetik keluarga saya mengalami kebotakan pada usia -+ 30-50 tahun, tapi saya mengalami kebotakan mulai dari usia 20 tahun dan regenerasi rambut saya menjadi menurun. Saya sudah mencoba beberapa tips dan obat"n herbal tapi tidak punya perubahan.. Mohin pencerahan nya dok.. Wassalam