Tanya Dokter

  • Penyebab demam di sore hari

  • Dok.saya suka meriang demam di waktu sore jam 6 atu sehabis magrib..itu gejala apa ya dok mohon penjelasanya dok.? Trimakasih

    Hai Ilah,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Demam bisa diakibatkan oleh banyak penyebab, salah satu yang tersering adalah infeksi. Penyebab infeksinya bisa karena bakteri ataupun virus. Infeksi yang menyebabkan demam bisa terjadi di berbagai sistem organ, di antaranya:

    • Infeksi saluran napas, seperti rhinitis, sinusitis, bronkhitis, Tuberkulosis
    • Infeksi saluran cerna, seperti gastroenteritis, apendisitis, kolitis
    • Infeksi saluran reproduksi, seperti vulvovaginitis, servisitis, penyakit radang panggul
    • Infeksi lainnya, seperti, otitis (infeksi telinga), infeksi saluran kemih, demam dengue, demam tifoid, campak, dan sebagainya

    Demam lebih sering terasa pada sore hari menjelang malam hingga kini belum diketahui dengan jelas mekanismenya. Namun, menurut berbagai literatur, secara normalnya suhu tubuh memang mengalami fluktuasi, yakni paling rendah di pagi hari saat bangun tidur dan paling tinggi di sore hingga malam hari.

    Selain infeksi, demam bisa juga disebabkan oleh penyakit autoimun (misalnya lupus, rheumatoid arthritis), hipertiroidisme (kelenjar tiroid hiperaktif), kanker (tumor ganas), efek samping obat, perubahan hormonal (misalnya saat masa subur), dan sebagainya.

    Maka dari itu, untuk memastikan apa penyebab demam Anda, cobalah untuk memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter ya.. Sementara, Anda bisa mencoba atasi demamnya dengan mengkonsumsi obat paracetamol sesuai dosis anjuran dokter.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah