Tanya Dokter

  • Penyembuhan penyakit tuberkulosis

  • dok maaf kalau tb apakah bisa disembuhkan?mksh dok

    Halo Tedder.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan sebutan TBC, merupakan suatu penyakit menular yang menyerang paru-paru, dimana disebabkan oleh karena bakteri. Penyakit ini ditularkan dari penderita TBC aktif yang batuk dan mengeluarkan titik titik kecil air liur dan terhirup oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

    Berikut ini beberapa gejala yang umum yang muncul jika seseorang terkena TBC, diantaranya adalah : batuk yang disertai dengan Dahak ataupun darah yang berlangsung selama lebih dari satu bulan, tidak nafsu makan, demam, berat badan yang turun, keringat dimalam hari, nyeri dada, tubuh lemas.

    Penyakit yang tergolong serius ini dapat disembuhkan dan jarang berakibat fatal jika diobati dengan benar. Langkah pengobatan yang digunakan adalah pemberian antibiotik yang harus dihabiskan oleh pengidap TBC selama jangka waktu tertentu sesuai dengan resep dokter.

    Akan tetapi perlu di ingat, apabila pengidap tidak meminum obat sesuai resep dokter atau berhenti meminumnya sebelum waktu yang dianjurkan, Bakteri tidak dapat hilang sepenuhnya meski pengidap merasa kondisinya sudah membaik. Infeksi yang diidap dapat berpotensi menjadi resisten terhadap antibiotik. Jika hal ini terjadi, maka TBC akan lebih berbahaya dan sulit untuk diobati sehingga masa penyembuhan akan jauh lebih lama.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TBC

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati