Tanya Dokter

  • Trombosit masih menurun di hari ke 6 demam berdarah

  • Selamat siang dokter. .. Sy mau bettanya. Putra sy usia 21 bulan kena DBD disaat hari pertama trombositnya 140 dihari ke 4 hasil tromboaitnya menurun menjadi 100 trus skrg dihari ke 6 trombosit ank sy menurun lg dok menjadi 85.. Padahal ank sy makan bnyak,sudah tdk demam lgi, sdh aktif sudah terlihat sehat,minum air putih memank tdk terlalu bnyk... Tpi nyusu ASInya kuat banget dokter .. Apakah ini normal dok,dn apakak tdk kenapa . Trimakash dok..

    Halo Dina Wulandari Ajjach, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    DBD atau demam berdarah dengue adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini adalah penyakit yang cukup berbahaya dan tidak jarang menyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

    Tidak terdapat pengobatan khusus yang diberikan pada penderita DBD, karena pada dasarnya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Obat-obatan yang diberikan hanya bersifat suportif atau mengobati gejala-gejala saja. DBD biasanya akan dapat sembuh sendiri dalam 7 hari.

    Demam pada DBD biasanya hanya berlangsung pada 3 hari pertama. Demam DBD memiliki karakteristik selalu tinggi dan cenderung resisten terhadap pengobatan (sulit turun meskipun telah diberi obat antidemam). Setelah 3 hari, demam akan membaik, namun penyakit ini baru akan memasuki masa kritis pada 3-6 hari ini. Dalam masa kritis ini anak dapat mengalami syok (kondisi dimana sel-sel tubuh dan organ tidak memperoleh cukup aliran darah dan tidak mendapat oksigen yang cukup). Pada masa kritis ini diperlukan suport cairan yang cukup untuk mencegah terjadinya syok. Setelah 6 hari, masa kritis telah terlewati dan kondisi kekurangan cairan ini akan membaik perlahan-lahan.

    Pada lebih sebagian besar orang yang menderita DBD, dapat terjadi juga gejala trombositopenia atau trombosit yang kurang dari normal. Trombosit biasanya akan mengalami penurunan yang signifikan pada hari ketiga, dan akan terus mengalami penurunan hingga hari ke-6 atau ke-7, dan akan naik perlahan biasanya dimulai pada hari ke-7 dan mencapai nilai normal kembali pada hari ke-9. Angka ini tentunya merupakan rata-rata yang terjadi pada sebagian besar orang dan tidak semuanya mengalami perjalanan penyakit yang demikian. Perdarahan spontan yang ringan (perdarahan di bawah kulit atau petechie, perdarahan dari hidung) biasanya dapat terjadi pada saat kadar trombosit berada di bawah 100.000. Namun perdarahan yang membahayakan biasanya dapat terjadi bila kadar trombosit turun hingga di bawah 20.000. Pada penyakit dengue, pemberian transfusi trombosit biasanya akan diberikan bila trombosit turun di bawah 10.000 atau terjadi perdarahan aktif.

     

    Hal yang terjadi pada anak anda adalah hal yang normal, dan kemungkinan trombosit akan segera naik pada hari ke-7. 

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia