Tanya Dokter

  • Obat untuk pengobatan gonore

  •  Rim
    Anggota
    apa obat antibiotik untuk gonore,,yg suntik atau kapsul

    Halo Rim,

    gonore adalah salah satu penyakit infeksi bakteri yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, apabila salah seorang dari pasangan sudah terinfeksi bakteri gonorea. Ada 2 pendekatan untuk menangani gonore. Yang pertama tentu karena penyebabnya bakteri maka harus ditangani dengan obat-obatan antibiotik tertentu yang menargetkan bakteri gonore. Cara pemberian yang umum dilakukan oleh dokter adalah dengan memberikan satu dosis antibiotik yang disuntik (di paha atau di bokong) dan satu dosis obat antibiotik yang diminum yang merupakan 2 jenis antibiotik berbeda. Alternatif lain bila tidak ingin diinjeksi adalah pemberian antibiotik yang harus dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Pengobatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter yang telah memeriksa dan menegakkan diagnosa gonore, dan penting untuk mengikuti semua obat-obatan antibiotik yang dianjurkan agar bakteri tuntas dibasmi. 

    Pendekatan kedua adalah pencegahan infeksi. Selain mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, anda juga harus memperhatikan beberapa hal-hal penting berikut untuk mencegah penularan gonore:

    • karena faktor resiko utama penularan gonore adalah melalui hubungan seksual, hindari berganti-ganti pasangan dan jangan berhubungan seksual dengan orang yang memiliki riwayat berganti-ganti pasangan/riwayat seksualnya tidak diketahui.
    • periksakan pasangan seksual anda ke dokter agar bila terinfeksi gonore juga dapat diobati sampai tuntas sehingga mencegah infeksi berulang di kemudian hari
    • selama belum dinyatakan sembuh oleh dokter, gunakan kondom saat brehubungan
    • jaga kebersihan alat kelamin, ganti celana dalam minimal 2 kali sehari
    • apabila sudah terinfeksi dengan satu jenis penyakit menular seksual, ada resiko untuk terinfeksi penyakit menular seksual lainnya seperti sifilis dan HIV oleh karena itu disarankan agar melakukan pemeriksaan screening untuk penyakit-penyakit tersebut

    Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai topik ini dalam artikel terkait: gonore,  penyakit menular seksual

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira