Tanya Dokter

  • Pikiran mengenai bentuk bumi yang muncul terus-menerus

  •  ianaja66
    Anggota
    permisi dokter saya mau tanya.. bumi ini bulat apa datar ya dok?? soalnya ini penyakit baru saya. yang membuatku terpikirkan terus menerus. sampai terbawa mimpi dan sampai sekarang saya belum menemukan jawaban nya. bahwa bumi itu bulat atau datar???? saya coba cari di youtube,twitter,google dan lain" tetapi hasilnya malah kebingungan saya dok mana yg harus saya pilih. :( saya sangat terpikirkan dengan hal itu dokter. :( karena sejak kecil SD di ajarkan bahwa bumi bulat. nah bagaimana Jika memang benar kalau bumi itu datar? bahkan teman" saya cuma ngejawab bahwa bumi itu kotak atau segitiga. saya pikir teman" saya tidak menanggapi serius tentang bumi. tolong dokter beri saya solusi yang terbaik. maaf saya tanya disini sperti nabrak tembok dok.. dan kepala saya terbentur dan menjadi kebingungan ( saki t) nah tembok itu saya coba tanya kan apakah di jawab.? semoga tembok itu menjawab apa yg saya tanyakan. :,( terimakasih.

    Halooo Ianaja,

    Apakah pertanyaan mengenai bumi tersebut seringkali menjadi bahan pikiran Anda sehari-hari? Dan apakah Anda merasa stres atau tidak senang dengan adanya pertanyaan tersebut dalam pikiran Anda?

    Saya tidak dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai bulat atau datarkah bumi tersebut. Kita akan fokuskan pada kondisi Anda. 

    Ketika seseorang menyadari adanya suatu pikiran yang muncul terus-menerus setiap hari sedikitnya selama 2 minggu berturu-turut, tidak mampu dilawan kedatangannya dan menimbulkan suatu stres/penderitaan atau dianggap sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan, maka hal ini dapat mencerminkan suatu gangguan obsesif.

    Pada beberapa orang gangguan obsesif dapat disertai dengan tindakan kompulsif, yakni tindakan ritual yang dilakukan secara berulang-ulang karena dilatarbelakangi oleh perasaan takut akan bahaya yang mengancam dirinya.

    Dengan informasi yang telah saya paparkan sebelumnya, mencari pendapat dari seorang psikiater (dokter ahli kejiwaan) sekiranya penting untuk Anda saat ini. Bila memang Anda dianggap mengalami suatu gangguan obsesif, barangkali dokter akan memberikan terapi kognitif atau langsung merujuk pada obat-obatan. Jangan pernah ragu atau underestimate berkonsultasi dengan psikiater karena mungkin saja itulah yang memang Anda butuhkan saat ini.

    Simak artikel terkait : Gangguan Obsesif-Kompulsif (OCD)

    Demikian semoga membantu

    Terima kasih