Tanya Dokter

  • Pengobatan mata silinder

  •  vivi novita
    Anggota

    Salam Dok, saya sudah 7 thn menggunakan kacamata.. awalnya hanya minus dan setiap cek minus bertambah dan munculnya mata silinder, kemudian setelah menggunakan kaca mata dengan jangka wktu lama saya kembali cek lg ternyata mnus saya sudah hilang namun gangguan mata yang saya alami terus saya rasakan seperti penglihatan kabur dan sakit kepala, ternyata silinder saya yang bertambah dari 1.5 >> 3 >> 4, disaran kan oleh dokter untuk cek saraf mata.. mohon penjelasan nya dok, apakah silinder dapat di hilangkan, krna saya berniat untuk membuat kacamata namun pihak RS masih bkn bisa memberikan krna tidak ada kcamata yng pas untuk mata saya..dan bagaimana cara penanganan medis untuk mata silinder seperti yang saya alami? apakah harus di lakukan operasi laser seperti yang saya baca di artikel internet.. dan pengecekan saraf blm sy lakukan berhubung saya takut untuk di operasi

    terimaksaih dok, mohon penjelasnnya

    Halo,   Mata silinder atau astigmatisma terjadi karena adanya gangguan pada kecembungan kornea bola mata sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak bisa sampai ke retina dengan tepat menimbulkan gangguan keluhan seperti sakit kepala, penglihatan buram / berbayang dll. Astigmatisma bisa disembuhkan atau diterapi dengan menggunakan :

    1. kaca mata
    2. Softlens
    3. Operasi LASIK / LASEK
    Untuk Pemilihan jenis terapi yang terbaik bagi Anda maka sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter mata Anda. Pengecekan saraf mata yang dianjurkan sebaiknya Anda lakukan agar bisa mengetahui penyebab sakitkepala dan penglihatan Anda yang kabur. Dengan begitu penyebab keluhan Anda bisa diketahui dan diberikan terapi yang sesuai. Beberapa penyebab silinder yang bisa Anda alami antara lain adalah :
    1. Adanya infeksi pada mata
    2. Perubahan pada kornea akibag terbentuknya jaringan parut
    3. Paska operasi mata
    4. Dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi