Tanya Dokter

  • Penyebab vertigo

  •  Sarah Queen
    Anggota
    Dok harus kemana untuk mencari tahu penyebab vertigo?? Spesialis tht tidak ada masalah di sarankan ke spesialis penyakit dalam karena spesialis syaraf dlu pernah tp tidak ada tindak lanjut.. Saya ingin di cek dari mana asal muasal vertigo ini karena sudah cukup lama dan sangat menggangu ketika kambuh pingsan

    Halo Sarah.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, vertigo merupakan suatu keadaan dimana penderitanya merasa lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Vertigo dapat terjadi secara tiba - tiba atau berlangsung selama jangka waktu tertentu dalam satu waktu.

    Pada umumnya vertigo memang disebabkan oleh karena masalah cara kerja bagian telinga dalam yang mengatur keseimbangan tubuh. Akan tetapi vertigo juga dapat disebabkan oleh karena masalah pada bagian otak tertentu, maupun gerakan kepala tertentu yang memicu hal ini.

    Jika memang dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), sudah menyatakan tidak adanya kondisi tertentu yang dapat memicu vertigo dari organ telinga Anda, maka sebenarnya Anda harus menDiskusikan masalah ini kepada dokter spesialis penyakit saraf / neurologi, Ditakutkan penyebab vertigo mengarah ke masalah pada bagian otak tertentu.

    Oleh karena itu kami sekali lagi menyarankan untuk menemui dokter spesialis penyakit saraf yang berpraktek di Rumah Sakit besar, agar Anda dapat lakukan serangkain pemeriksaan lebih lanjut secara lengkap.

    Beberapa pemeriksaan yang kemudian akan dilakukan oleh dokter terhadap masalah yang Anda alami, di antaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT scan kepala, MRI scan kepala, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati