Tanya Dokter

  • Darah tidak lancar mengalir saat donor darah

  •  Hengki Sofian
    Anggota

    Slamat Pagi Dok, saya mau berbagi pengalaman sekaligus bertanya. Sebelumnya saya sudah 4 Kali donor darah dan tidak ada masalah,. Tapi kemarin donor darah yang kelima ketika di tusuk jarumnya darah yang ngalir begitu pelan, karna darahnya pelan mengalir perawatnya perbaiki jarum sambil bilang kalau pembuluh darah vena saya agak masuk kedalam, tidak lama kemudian ada bapak2 mau donor juga. setelah berbaring dan di pasang jarum donor, kurang lebih 5 menit ternyata bapak itu lebih cepat selesai dari saya. Karna punya saya agak lama si perawat perbaiki jarumnya lg dengan memasukan jarumnya agak kedalam, emang terasa sakit ketika dia perbaiki, cuma setelah itu kampel darahnya cepat penuh.

    Nah yang mau saya tanyakan adalah:

    - Apa penyebab darah saya tidak lancar mengalir, trus kenapa pembuluh darah vena saya agak kesusahan di cari, padahal sebelum2nya ketika donor lancar2 saja dan gx  ada masalah? - Seminggu setelah donor, rasa ngilu di tangan saya belum hilang dan di malam hari ketika tertidur saya sering kaget karna ngilunya begitu kuat seolah2 otot tangan saya yang sakit. Tp kalau di siang hari ngilunya gx seberapa. Perlu di ketahui saya donor kelima ini pada 21 november 2014 sampai tanggal 28 november 2014 Rasa ngilunya blum hilang. Sekian Terimakasih.

    Hengki Sofian  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Jika Anda secara regular mendonorkan darah, pastikan ada jarak waktu sekitar 8 minggu di antara sesi-sesi donor danar. Aliran darah pertama mungkin pelan karena ujung jarum belum diposisikan secara strategis di dalam pembuluh darah. Karena setelah suster mengatur kembali posisi jarum, darah Anda mengalir secara lancar. Nyeri pada lengan terjadi pada 10% orang  setelah mendonorkan darah. Anda bisa mengonsumsi obat pereda sakit seperti parasetamol sesuai dengan aturan pemakaiannya. Jika gejala tidak membaik dalam beberapa hari berikut, periksakan ke dokter. Temui dokter juga jika:

    • mengalami sensasi kesemutan di lengan
    • mengalami benjolan atau pembengkakan di sekitar area yang disuntik
    • pendarahan di area yang disuntik
    • mengalami gejala seperti flu yaitu batuk, demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.
    Dr Liyadi

    mohon maaf, sy ingin menambahkan dr,  apakah itu tdk bermasalah dengan darahnya dok ?? ataukah darahnya kental atau bagaimana dok ?? mohon penjelasannya dok, terima kasih