Tanya Dokter

  • Dosis vitamin c yang aman bagi ibu hamil

  •  Lana
    Anggota
    Halo dok, saya mau bertanya. Jadi saat ini sy sedang dalam keadaan hamil muda, kurang lebih baru satu bulan. Nah, barusan tanpa sengaja saya meminum 1 butir vitamin C 50mg, sementara setelah sy bca di internet katanya ibu hamil tidak boleh mengkonsumai vitamin c berlebihan. Lalu apakah 50mg itu masih dosis aman dok?, kalaupun tidak, apa yg bisa sy lakukan untuk menghindri hal yg tidak diinginkan? Terimakasih..

    Halo Lana, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Pada dasarnya, pemberian suplemen bertujuan melengkapi nutrisi yang tidak terpenuhi dari makanan yang sehari-hari dikonsumsi. Khusus bagi ibu hamil, suplemen menjaga kehamilan agar janin dalam rahim dapat tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat. 

    Adapun vitamin dan mineral yang direkomendasikan selama kehamilan meliputi :

    • asam folat (400 mikrogram / hari) - mencegah kecacatan pada sistem saraf bayi
    • vitamin D (400 unit atau 10 mikrogram / hari) dan kalsium (200-300 miligram /hari) - menunjang pertumbuhan tulang bayi
    • zat besi (30 miligram / hari)- permbentuk sel darah merah yang menyalurkan oksigen ke janin
    • lain - lain, yatu tembaga (2 miligram), vitamin B6 (2 miligram), zinc (15 miligram), vitamin C (50 miligram)

    Dengan demikian, konsumsi 1 tablet vitamin C dengan dosis 50 miligram masih dalam rentang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Untuk konsumsi suplemen lanjutan, sebaiknya selalu konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan Anda. Perlu diperhatikan, suplemen merupakan pelengkap dari makanan sehari-hari, bukanlah pengganti. Selain itu, hindari konsumsi vitamin mega dosis, termasuk yang dijual secara bebas.

    Silahkan baca artikel terkait di sini

    Demikian, semoga bermanfaat

    dr.Lili