Tanya Dokter

  • Mengenai menyusui pada anak dengan menggunakan dot

  • Mlam dok, 3 blan sudah anak saya usianya skrang tp krna tdak di biasakn dgn dot mka anak saya pun enggan dgn dot stlh bbrpa hri ke blkang saya coba, saya pun jd resah bila nntinya istri saya hrus krja lg, pertanyaannya dok tp maaf sblum nya ya dot jenis dan merk apa yg lbh pasti buat anak saya agar bsa jg dg susu dr dot?? Makasih dok

    Halo Pios, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Tidak sedikit bayi yang tidak menyenangi atau tidak mau menggunakan dot atau minum susu dari botol. Kondisi ini sangta wajar karena sang bayi sudah sangat nyaman meminum susu dari sumber ASI langsung yaitu dari payudara sang ibu. Butuh waktu yang tidak sedikit dan tidak jarangpun anak akan menangis bahkan berteriak saat memulai penggunaan dot. Yang paling penting adalah jika menggunakan botol, ASI adalah makanan minuma terbaik untuk bayi hingga usianya mencapai 6 bulan.

    Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu bati belajar menggunakan dot adalah sebagai berikut: 

    1. Pilihlah dot yang menyerupai dengan puting susu sang ibu. Beberapa merk menyediakan bentuk yang bermacam-macam, dan mencoba satu per satu memang bukan hal yang mudah untuk mendapat satu dot yang sesuai dengan kondisi bayi Anda. 
    2. ASI tetap jalan agar anak tidak beradaptasi dengan rasa susu yang lain. Atau jika memang harus dengan susu formula maka siapkan botol dengan menjaga higienitas dan temperatur yang sedemikian rupa agar terminum oleh bayi aman dan nyaman. 
    3. Pengalihan dari payudara ke dot membutuhkan waktu yag tidak sedikit. Jika memang tidak memungkinkan, maka tidak ada salahnya mencoba dengan menggunakan pipet/sedotan dan berseling dengan dot. Jika bayi sudah menemukan cara dan bisa beradapatasi dengan penggunaan dot, maka akan mudah berikutnya karena sebenarnya dengan dot bayi akan lebih mudah dibandingkan mengisap dari payudara
    4. Memilih dot dengan aliran lebih lambat atau lubang yang tidak terlalu besar
    5. Berikan dot dengan posisi yang sama dengan saat menyusui
    6. Konsistensi sus formula jangan terlalu kental
    7. Memberikan susu dot pada malam hari. 

    Beberapa tips yang dapat dicoba dari keterangan di atas tetap disertai dengan penuh kesabaran sampai pada sang bayi bisa mengikuti perubahan. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi