Tanya Dokter

  • Perut terasa keras saat hamil usia tua

  •  Dewi Fajarini
    Anggota
    Siang dok... saat ini sy sedang hamil 39 minggu anak ke 4,nah dok udh 2 hari ini perut terus mengeras,apalagi kalau di pakai jalan atau berdiri.udh gitu dok sering mulas di bagian perut bawah menjalar ke pinggang belakang.jalan pun udh ga nyaman dok,berasa dedek bayi nya mau keluar.trims dok di tunggu jawaban nya.oiya dok...flek dan lendir tanda2 kelahiran nya blm muncul.

    Hai,

    Perut pada dasarnya mengandung lapisan otot perut di luar dan organ dalam perut. Perut yang mengeras umumnya menandakan adanya kontraksi otot, baik pada otot dinding perut maupun otot pada organ dalam perut -- pada kondisi kehamilan, hal ini biasanya berkaitan dengan kontraksi rahim.

    Kontraksi rahim pada akhir kehamilan bisa bersifat asli maupun palsu. Kontraksi palsu (juga dikenal sebagai kontraksi Braxton-Hicks) merupakan kontraksi yang tidak rutin dan tidak berkaitan dengan tanda-tanda persalinan. Kontraksi palsu ini sering membingungkan ibu yang baru pertama kali hamil sehingga dikira sebagai kontraksi persalinan, padahal bukan. Kontraksi palsu bersifat timbul sesekali, hilang pada perubahan posisi dan kuat kontraksinya tidak semakin kuat. Kontraksi persalinan yang asli bersifat timbul secara rutin, semakin lama semakin kuat, menjalar ke pinggang dan tidak hilang dengan perubahan posisi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG). Mungkin diperlukan pemeriksaan CTG (rekam denyut jantung janin dengan pengukuran kontraksi rahim) dan USG untuk menunjang diagnosis.

    Baca juga artikel tentang apa itu kontraksi palsu.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma