Tanya Dokter

  • apakah siklus haid dan payudara besar sebelah berhubungan?

  •  Aas Subangga
    Anggota

    Malam dok, saya punya masalah dengan siklus haid saya dan payudara saya. Apakah saling berhubungan? Siklus haid saya setahun belakangan ini berantakan kadng 3 bulan sekali haid tpi skrang sudh 6 bulan tdk haid, sebelumnya saya sudah 2thnan KB suntik yang 1 bln. Apa bahaya dok? Yg kedua masalah payudara saya yang besar sebelah, usia anak saya sudah 2,5 thn tpi dari bayi saya tidak memberi asi/ menyusui, sekarang payudara saya yang sebelah kiri lebih besar dari sebelah kanan. tidak sakit, tpi pas saya pencet putingnya keluar asi sedikit-sedikit , tidak memancar atau menetes. Bagaimana dok agar payudara saya bisa kembali ke ukuran semula? Mohon bantuannya, terimakasih.

    Hai Aas, Menstruasi meupakan keadaan normal yang harus dialami setiap wanita. Pada umumnya menstruasi akan terjadi selama 3-7 hari dengan siklus 25-35 hari. Namun, pada keadaan tertentu siklus menstruasi bisa menjadi tidak nomral, pada umumnya disebabkan oleh hal-hal di bawah ini;

    • Ketidakseimbangan hormonal misalnya kibat pemakaian alat KB terutama KB hormonal
    • Faktor stress
    • Kelelahan
    • dll
    Jenis-jenis menstruasi yang tidak normal seperti:
    1. Menorrhagia yaitu menstruasi dengan volume yang sangat banyak
    2. Metrorrhagia yaitu menstruasi dengan frekuensi yang sangat sering
    3. Amenorrhea yaitu menstruasi yang berhenti seperti pada wanita hamil atau wanita menopause
    4. Dysmenorrhea yaitu nyeri sangat hebat yang dirasakan saat menstruasi
    5. Olygomenorrhea yaitu menstruasi dengan frekuensi yang jarang dan volume yang sedikit
    Payudara setiap wanita memiliki ukuran yang berbeda-beda. Begitupun payudara wanita sebelah kiri dan sebelah kanan pada umumnya tidak sama. Namun ukuran perbedaan payudara tersebut tidaklah terlalu signifikan. dan harus selalu diwaspadai apakah perubahan ukuran tersebut adalah normal ataukah disebabkan oleh adanya benjolan di payudara. Pada masa kehamilan payudara akan mengalami perubahan yang signifikan akibat stimulasi dari hormon estrogen seperti payudara yang semakin membesar dan areola disekitar puting menjadi berwarna lebih gelap. Begitupun pada masa menyusui, payudara wanita akan memproduksi ASI yang akan dikeluarkan melalui puting. Namun produksi ASI setiap wanita memang sangat berbeda karena dipengaruhi oleh berbgai fator. Untuk memastikan keadaan anda sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungand an kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Menerapkan pola hidup sehat
    • Konsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan gizi
    • Hindari stress
    • Menjaga berat badan agar tetap ideal
    • Lakukan olahraga minimal 3 kali dalam 1 minggu
    • Lakukan SADARI
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Mengenali anatomi payudara Semoga membantu dr. Yosephine

    Aas Subangga  Aas Subangga
    Anggota

    Dok, ga ada benjolan di payudara saya, tpi payudaranya lembek bgt, kaya isinya air. N apakah berat badan mempengaruhi besarnya payudara soalnya berat badan saya naik 10kg dari 43 sekarang stay di 53-55,, dngan tinggi 155 cm.