Tanya Dokter

  • Perut kembung, nyeri ulu hati, leher, bahu, dan punggung

  •  EDA
    Anggota

    Dok saya mau tanya, 2-5 mei kmren saya opname krn sering mual sendawa nyeri di ulu hati. Dan sudah usg abdomen hasilnya normal. Dan skrg ini leher bahu dan punggung juga nyeri (mens terakhir 5 mei). Dan hampir 1 bln minum obat tetap sering kembung. Terkadang perut saya enakan tiba jd lemes nyeri ulu hati dan gak nafsu makan. terus saya harus gmn dok?

    Hai, Dispepsia bukanlah suatu penyakit tapi merupakan kumpulan gejala/keluhan yang dapat berupa nyeri atau rasa tidak nyaman di ulu hati, kembung, mual, muntah, sendawa, rasa cepat kenyang perut rasa penuh/begah. Keluhan pada setiap orang berbeda-beda. Karena hanya merupakan kumpulan gejala maka di perlukan mencari penyebabnya. Penyebab dispepsia dapat berupa:

    1. Gangguan lumen saluran cerna seperti tukak gaster/usus, tumor
    2. Penyakit pada hati dan pankreas
    3. Penggunaan obat-obatan seperti obat pereda nyeri,aspirin, atau antibiotik
    4. Penyakit sistemik : kencing manis, penyakit tiroid , penyakit jantung
    5. Dispepsia fungsional : dispepsia yang terjadi bukan karena kelainan organik seperti penyakit-penyakit diatas.
    Dispepsia fungsional dihubungkan dengan meningkatnya pengeluaran asam lambung, perlambatan pengosongan lambung, gangguan psikologi seperi stres, pengaruh hormonal atau intoleransi  makanan/ketidakmampuan tubuh mencerna makanan tertentu. Jika disebabkan karena kelainan organik maka kelainan tersebut harus diatasi. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan anda :
    1. Makanlah dengan jadwal yang teratur
    2. Hindari makanan pencetus  seperti pedas, asam, tinggi lemak, kopi
    3. Makan dengan porsi kecil tapi sering dan rendah lemak
    4. Hindari/kontrol stres
    5. Dapat konsumsi antasida
    Diskusikan kembali dengan dokter yang merawat anda hingga keluhan anda benar-benar teratasi. Jika merasa kurang puas, anda dapat mencari dokter lain dan diskusikan kembali keluhan anda. Salam, dr. Agnes Maureen  

    EDA  EDA
    Anggota

    Saya setiap 1 minggu 1x selalu kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam dengan keluhan yang sama. Saya sudah rutin makan dalam jumlah sedikit tapi perut saya masi suka bunyi dan kembung. Memang rasa perihnya sudah membaik( kadang perih kadang tidak perih). Saya juga rutin minum obat tapi kenapa masi suka kembung ya dok?

    EDA  Nona Bianca
    Anggota

    Saya pun gitu.. makan terus tapi perut bunyi nya keras .. trus suka sendawa. Pusing juga perut kembung