Tanya Dokter

  • Hasil fungsi ginjal yang menurun dan cara mengatasinya

  •  rinahusna
    Anggota
    Halo dok, sebulan yang lalu saya melakukan medical check up dan hasilnya pada fungsi ginjal e gfr 46,8, kesimpulannya menurun sedang. Untuk hasil urin ca oxalat positif dan bakteri positif. Memang sudah hampir satu tahun ini saya merasakan tidak nyaman dalam berkemih. Sudah berobat ke dokter tetapi belum ada perkembangannya. Bagaimana solusinya dok? Terimakasih

    Selamat pagi,

    Penurunan eGfr dapat menunjukan penurunan dari fungsi ginjal. Penurunan ini menunjukkan bahwa ada sakit ginjal kronis. Sakit ginjal kronis ini dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain :

    • Diabetes/kencing manis
    • Batu ginjal
    • Kebiasaan yang kurang baik seperti sering meminum minuman berpengawet
    • Penyakit lain seperti autoimun.

    Pada kasus Anda kemungkinan yang terjadi adalah Infeksi saluran kemih yang berulang dan adanya batu ginjal (Ca Oxalat) dapat menjadi pencetus penurunan fungsi ginjal Anda. Nilai normal Egfr pada nilai sekitar 90, Jika pada Angka tersebut (46,8) maka sudah masuk kriteria gagal ginjal stage III, membutuhkan perawatan/pengobatan lebih lanjut untuk mencegah menjadi lebih menurun keadaan ginjal Anda.

    Saran Saya agar Anda dapat berobat ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut dan pemeriksaan penunjang lain yang relevan dengan kondisi Anda (seperti pemeriksaan USG) sehingga dapat diketahui secara tepat kemungkinan diagnosis yang dapat terjadi karena disesuaikan dengan kondisi klinis yang terjadi sehingga pengobatan dapat menjadi lebih tepat dan terarah.

    Sekian informasi dari Saya,semoga bermanfaat

    dr.Anthony