Tanya Dokter

  • Efek air hexagonal/alkali untuk tubuh

  •  Shenovita
    Anggota
    Malam dokter saya ingin tanya, sudah hampir seminggu ini saya mengkonsumsi air alkali tetapi setelah 3 hari konsumsi badan saya merasa pusing, lemas dan seperti tidak bertenaga, apakah tubuh saya sedang melakukan detoks terhadap racun dan penyakit di dalam tubuh? Dan apakah efek nya seperti itu? Tetapi setelah saya coba untuk tidak konsumsi sehari air tersebut badan saya merasa segar kembali, sebenarnya apa yg sedang terjadi dengan tubuh saya? Dan apakah baik air alkali di konsumsi setiap hari? Dan PH yg berapa yg cocok untuk tubuh? Terima kasih.

    Halo Shenovita......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, air Alkali diklaim dapat menstabilkan kadar pH di dalam tubuh, memperlambat proses penuaan, menangani tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, serta mencegah penyakit kanker. Beberapa penelitian menemukan bahwa air Alkali dengan tingkat keasaman 8,8 membantu meredakan enzim penyebab naiknya asam, yaitu Pepsin.

    Akan tetapi anda perlu berhati hati, mengonsumsi air Alkali dengan pH terlalu tinggi berisiko mendatangkan efek samping tertentu, seperti iritasi pada dinding rombongan. Hal ini dikarenakan struktur kerongkongan dibuat agar lebih tahan terhadap kerusakan yang di sebabkan oleh zat yang bersifat asam.

    Sampai sejauh ini belum terdapat penelitian yang mendukung klaim bahwa air Alkali memang lebih sehat dikonsumsi daripada air biasa. Produsen mesin memproses air menjadi air Alkali percaya bahwa kesehataan tubuh manusia akan terganggu ketika pH tubuh menjadi cenderung asam. Disinilah peran air Alkali untuk menetralkan pH atau tingkat keasaman. Namun beberapa pakar Gastroenterologi menyebutkan bahwa tubuh manusia sebenarnya sudah secara alami memiliki mekanisme sendiri untuk mengatur keseimbangan pH.

    Jika memang setelah Anda mengkonsumsi air Alkali mendatangkan gangguan kesehatan, maka sebaiknya hentikan lah mengonsumsi air ini. Hal yang terpenting adalah mengonsumsi cukup air mineral biasa saja sudah cukup bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kadar pH di dalam tubuh.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati