Tanya Dokter

  • Efek jangka panjang penggunaan cairan NaCl untuk jerawat

  •  usanti3105
    Anggota

    Halo Dokter,

    beberapa bulan yang lalu saya diresepin dokter kulit salah satu rumah sakit besar di Medan untuk mengompres wajah dengan cairan Nacl. Sebelumnya wajah saya alergi dan muncul banyak bruntusan seperti jerawat dan merah-merah di wajah saya akibat salah pemakaian skin care. setelah diresepi dokter untuk mengompres dengan cairan nacl dan diberi krim racikan dari dokter tersebut, wajah saya sekarang sudah tidak bruntusan (jerawat) lagi, hanya saja pori-pori diwajah semakin keliatan besar dan berminyak. apakah cairan nacl aman untuk dipakai terus-terusan? apakah cairan nacl bisa membuat pori-pori wajah semakin besar? sebagai informasi, sekarang ini saya berhenti mengompres wajah dengan cairan nacl dan saya ganti kompres dengan es batu.

    thanks.

    Hai Usanti. Cairan NaCl 0,9% merupakan cairan yang memiliki komposisi yang hampir serupa denga cairan plasma pada darah manusia. Secara umum cairan ini berguna untuk menggantikan cairan yang hilang terutama saat adanya trauma terutama jika pasien memiliki kondisi klinis tertentu seperti diabetes melitus, sirosis hepatis. Selain itu, caira ini juga baik untuk membersihkan luka dan mengompres luka atau lesi pada kulit karena memberikan kelembaban yang cukup untuk menghidrasi kulit dan menyejukkan kulit. Tidak ada efek samping dalam penggunaan jangka panjang jika hendak mengompres wajah anda dengan cairan ini. Selain itu, cairan ini sendiri tidak membuat pori-pori bertambah besar. 

    Kompres dengan es batu sendiri juga tidak salah terutama jika anda sedang mengalami alergi dimana dapat mengecilkan diameter pembuluh darah dan mengurangi bocornya histamine (suatu zat yang berperan terhadap alergi dan dapat menyebabkan gatal). Namun, ada baiknya mengompres tidak secara langsung ada kontak antara es dengan kulit dimana dapat dilapisi dengan handuk. Selain itu, jika masih ada ruam sendiri sebaiknya tidak menggunakan es. Terlalu dingin sendiri ataupun kompres yang terlalu lama tidak baik bagi kulit. 

    Konsultasikan dengan dokter anda kembali mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit, mencuci wajah 2x sehari dengan sabun yang ringan, perbanyak buah dan sayur serta air putih dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa