Tanya Dokter

  • Mengatasi asam lambung

  •  Sinaga Melly
    Anggota

    Selamat Malam dokter....

    Nama saya melly umur saya 18 tahun, begini doktek saya mau menanyakan mengenai sakit saya. Saya pernah sakit maag mulai saya duduk di kelas 5 SD namun setelah saya duduk dibangku kuliah saya sudah kena Asam lambung. Yang mau saya tanyakan sama dokter, apakah sakit asam lambung bawaannya mau minum terus bukan merasa haus yaa dok, jika tidak minum air putih bawaannya mual . Gimana dok? bisa beri saya penjelasan?

    Halo, Penyakit maag, atau secara medis disebut dengan dispepsia, merupakan suatu perasaan tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian atas, atau sekitar dada, yang digambarkan sebagai rasa kembung atau rasa terbakar. Penyakit asam lambung, atau disebut dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke daerah kerongkongan bagian bawah, sehingga menimbulkan iritasi pada daerah tersebut. Keluhan yang ditimbulkan dari GERD adalah sebagai berikut:

    • Rasa mual, muntah
    • Rasa penuh di kerongkongan
    • Rasa panas yang menjalar dari epigastrium kearah kerongkongan
    Minum air putih dapat membantu menetralkan suasana lambung, dan membilas sisa asam lambung yang mengenai kerongkongan. Namun, hindari minum air saat makan, karena justru akan memperberat gejala refluks. Untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung, berikut hal yang dapat dilakukan:
    • Makan teratur, sedikit tapi sering
    • Hindari makan asam dan pedas
    • Hindari konsumsi kopi
    • Hindari posisi berbaring segera setelah makan
    Apabila dengan cara tersebut keluhan tidak berkurang, maka ada baiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan, kemudian membantu menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    Sinaga Melly  Ariiez Yiiez
    Anggota

    Siang dok.. ma.af sblum nya sya menanyakan disni.. soal nya susah mau buat prtnya.an... Saya ariez umur sya 28... Oh ya dok.. 5 hri lalu sya hbis mkan lalapan smbal pedas.. hbis itu sya mngalami kmbung, mual dn sakit di ulu hati.. trus sya pijat plan".. pas wktu muntah cma kluar air sma kyak serat putih gtu dok.. trus sya pksa mntah lagi pas mntah kluar ada darah nya.. hbis itu sya lngsung panik n ke klinik.. stlah dsna cma dpriksa n dkasih obat lambung.. kata nya kalau pagi pas BAB kluar ada darah hitam nya sruh kmbali.. tpi slama ini enggak da apa apa dok.. kira kira sya kena sakit apa ya dok.. tlong penjelasan nya Dok.. soal nya sya kdang cemas.. dan knpa dada saya kdang nyeri n trsa dingin pas hbis makan.. Trimaksih dok