Tanya Dokter

  • Cara mengurangi pemakaian empeng pada bayi

  •  Yessy Frischa
    Anggota
    Dok sya mau tanya. Aman ndak si dok kalau baby 3bulan di kasih empeng. Kalau sudah terlanjur di beri dan baby sudah terbiasa. Cara menggurangi empeng pafa baby gmn???
    Yessy Frischa  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Ibu Yessy, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Penggunaan dot/ empeng sebetulnya memiliki nilai positif dan negatif. Namun sebaiknya penggunaan dot dimulai tidak terlalu dini (sebaiknya diatas usia 1 bulan) dan berhenti tidak terlalu dewasa (sebaiknya sebelum berusia 1 tahun, beberapa literatur menyebutkan sebelum usia 6 bulan). Bila masih dalam usia 3 bulan sebetulnya tidak terlalu bermasalah dalam penggunaan empeng selama cara pemakaian yang benar, ukuran yang sesuai usia, kualitas bahan yang baik dan kebersihan yang terjaga. Tetapi jika Anda ingin melatih agar tidak terjadi kebiasaan dalam menggunakan dot / empeng, berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan, diantaranya :

    • Melakukan penyapihan dari dot sebaiknya pada kondisi tenang / tidak dalam kondisi stress (contoh : pindah rumah baru, kondisi badan sedang tidak sehat, perawat / asisten rumah tangga baru, dan sebagainya -- hal ini untuk memberikan ketenangan bagi anak Anda)
    • Jika sebelumnya  selalu mengisap dot di tiap kesempatan, cobalah untuk membatasi kebiasaannya. Contoh : hanya diperbolehkan ngempeng saat tidur siang dan malam saja.
    • Apabila dia ingin ngempeng pada saat-saat tertentu seperti ketika lagi bosan, alihkan dengan sesuatu yang menarik perhatiannya. Contoh :  mengajaknya bermain, membacakan buku dongeng, atau melakukan hal-hal yang dia sukai.
    • Ngempeng mungkin dapat membuat anak Anda tenang, jika dia sudah mulai terlihat gelisah, gunakanlah peran sebagai orang tua, yakni pelindung yang bisa menjaganya setiap saat. Tenangkanlah dia dengan bertanya kepadanya tentang apa yang sedang dia rasakan lalu kamu bisa membelai, memeluk, dan menciumnya.
    • Agar mau melepaskan dotnya, dapat bisa mengarang sebuah kisah seperti dot tersebut diambil oleh peri, dsb (namun dilakukan bila usia anak sudah cukup dewasa dan mengerti)
    • Jika dia sudah terbiasa untuk tidak mengisap dot, terutama di luar jam tidur, kini saatnya meningkatkan waktu terlarang untuk ngempeng. Cobalah untuk tidak mengizinkannya ngempeng saat tidur siang. Kemudian setelah dia sudah mulai terbiasa untuk tidak ngempeng saat tidur siang, kamu bisa menerapkannya saat tidur malam.
    • Lakukan dengan komitmen yang sama dengan semua orang yang tinggal dirumah (agar anak tidak bingung, contoh : diberikan dot oleh ayahnya, namun ibunya melarang, dsb)

    Namun hal ini perlu Anda pertimbangkan kembali mengenai melakukan penyapihan dot/empeng tersebut perhatikan untuk sisi positif dan negatifnya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo