Tanya Dokter

  • Efek KB 3 bulan

  • Dok sy suntik KB 3 bulan pertengahan agustus lalu, bbrp bulan sy tidak datang haid, kemudian datang haid itu pertengahan oktober dan sampai sekarang haid berupa flak atau spotting masih keluar dr bulan pertengahan oktober itu. Baru saja sy suntik KB 3 bulan lagi karna sudah lewat jadwalnya.. yg saya mau tanyakan apalah setelah suntik KB yg kedua kali nya ini flak saya bisa berangsur berhenti? Terima kasih.

    Halo Ibu Merry, Pertama-tama perlu saya sampaikan bahwa menanyakan kepada pemberi layanan kesehatan mengenai profil KB yang akan digunakan sangat penting supaya akseptor KB memahami dan tidak kaget dengan perubahan yangm ungkin terjadi pada dirinya setelah pemakaian KB. setiap jenis KB memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing sehingga konseling sebelum menggunakannya penting untuk menentukan KB yang kemungkinan besar paling cocok untuk akseptor. KB 3 bulanan berisi suntikan hormon progesteron / turunannya. Keuntungan KB jenis ini adalah pemberiannya bisa tiap 3 bulan sekali serta dapat digunakan olah ibu yang menyusui. Sayangnya, terdaapt beberapa kekurangan pada KB jenis ini yang efeknya sudah dapat diperkirakan akan terjadi pada akseptor :

    • gangguan pola menstruasi, sebagian besar penerima tidak mendapatkan menstruasi / hanya bercak spotting saja seperti yang Anda alami. Sedangkan sebagian kecil justru mengalami mensruasi yang lebih panjang dan banyak dari biasanya. Pada kasus seperti ini (tidak mens / spotting) maka penerima harus diberitahu bahwa hal itu merupakan  bagian dari profil KB yang dipakainya dan tidak berbahaya (spotting itu bukan darah haid), selama memakainya maka hal ini tidak dapat dihindari, jika akseptor tetap tidak dapat menerima efek tersebut makan solusinya adalah pindah menggunakan KB jenis lain. Saya kira tidak bisa mengharapkan flek / spotting tersebut berhenti selama masih memakai KB 3 bulanan.
    • Pada pasien yang efeknya justru mengalami perdarahan berlebihan, maka dapat dicoba pemberian preparat estrogen atau pil kombinasi untuk menghentikan perdarahannya
    • kesuburan kembali lambat, paska penggunaan KB 3 bulanan, biasanya kesuburan baru akan kembali dalam 3-12 bulan setelah suntikan terakhir. Maka dari itu Kb jenis ini tidak cocok digunakan oleh wanita yang ingin segera hamil setelah ber-KB
    Saya kira konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan bidan / dokter / dokter kandungan Anda. tautan berikut mungkin berguna : memilih alat kontrasepsi kekurangan dan kelebihan KB suntik Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.