Tanya Dokter

  • Dampak KB suntik pada siklus haid

  • Dok ... Saya mw tanya... Saya bulan agustus baru saja melahirkan bulan okt kmren suntik kb 1 bulan Bulan nov dpet haid tp 2 minggu gag berhenti ... Aq periksa ke bidan dikasi obat buat mnghentikan haid ,,, Tp sampe 8bulan ini saya gag dpat haid .. Gmn cra nya agar saya dpat haid Ap saya harus konsumsi obat penyubur ... Mohon penjelasannya Terima kasih

    Dok … Saya mw tanya… Saya bulan agustus baru saja melahirkan bulan okt kmren suntik kb 1 bulan Bulan nov dpet haid tp 2 minggu gag berhenti … Aq periksa ke bidan dikasi obat buat mnghentikan haid ,,, Tp sampe 8bulan ini saya gag dpat haid .. Gmn cra nya agar saya dpat haid Ap saya harus konsumsi obat penyubur … Mohon penjelasannya Terima kasih

    Hai Meiana Salah satu efek samping dari penggunaan KB hormonal apapun bentuknya seperti pil, suntik, susuk atau IUD hormonal adalah adanya kemungkinan terjadi gangguan siklus menstruasi, baik menstruasi lebih banyak, sedikit, lebih sering atau sebaliknya tidak menstruasi sama sekali. Efek samping yang timbul dapat bervariasi antara wanita, tergantung dari faktor individu. Tidak menstruasi lebih sering terjadi ada penggunaan KB suntik 3 bulan terutama pada penggunaan yang sudah jangka panjang, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada KB suntik 1 bulan. Untuk pastinya sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dahulu pada dokter serta dilakukan pemeriksaan USG bila diperlukan untuk mengetahui apakah adanya gangguan pada rahim atau indung telur. Beberapa penyebab dari tidak menstruasi antara lain:

    • Kehamilan
    • Kelelahan fisik
    • Stres psikologis
    • Terlalu gemuk/terlalu kurus
    • Diet ketat
    • Gangguan pada daerah otak yang mengatur hormonal
    • Gangguan hormon tiroid
    • Endometriosis
    • PCOS (Sindrom polikistik ovari)
    • Dan lainnya.
    Informasi mengenai penyebab gangguan siklus menstruasi dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus menstruasi yang tidak normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william