Tanya Dokter

  • Efek berhenti KB terhadap menstruasi

  •  ramayani
    Anggota

    Siang dok, mau tnyk nie, saya uda 4 bln berhenti kb saya tdk haid, tpi sebulan terakhir ini klw berhubungan intim mengeluarkn darah, bahkan ampe 3 hari, kyk darh haid, mohon penjelasannya, terima kasih.

    Hai Ramayani, Setelah penghentian KB suntik maka di dalam tubuh dapat terjadi perubahan keseimbangan hormonal. Tubuh akan memerlukan waktu untuk kembali mengatur regulasi hormonal ini, dan dalam prosesnya memang dapat terjadi gangguan menstruasi (baik berupa menstruasi tidak teratur, perdarahan di luar menstruasi, atau justru tidak mendapat menstruasi). Perdarahan vagina yang Anda alami dapat saja merupakan suatu menstruasi yang kebetulan terjadi setelah berhubungan intim. Namun jika perdarahan kerap berulang dan hanya terjadi setelah berhubungan intim, maka kondisi ini dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Apabila keluhan terus berlanjut maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat dipastikan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah, dan sebagainya) untuk menelusuri penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Lakukan foreplay/pemanasan yang cukup saat berhubungan intim
    • Bila vagina terasa kering dapat menggunakan lubricant/pelumas yang berbahan dasar air
    • Komunikasikan dengan pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak nyaman saat berhubungan intim
    • Tunda melakukan hubungan seksual selama perdarahan masih terjadi
    • Beristirahat cukup dan meminimalisir stres
    Informasi berikut ini dapat berguna: Perdarahan vagina usai berhubungan intim Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman