Tanya Dokter

  • Efek samping kemoterapi

  •  Amelya Chuby
    Anggota

    Selamat Sore Dokter

     Mohon Bantuannya Apakah efek kemoteraphy itu bisa demam tinggi dan cegukan??tp tidk mual hanya pusing dok?perlu kah saya datang untuk konsultasi atau menunggu saja sampai efek kemonya hilang?  orang tua saya sakit tumor usus ganas dan sudah ada penyebaran di hati.Terima Kasih

     

    Halo, Amelya. Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan ataupun memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri ditubuh dengan cepat. Kemoterapi memang bisa memiliki banyak efek samping tergantung jenis obat yang digunakan dan kekuatan tubuh serta psikis dan fisik pasien tersebut. Efek samping kemoterapi seperti mual dan muntah umumnya akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa hari. Rasa lemas dan mudah lelah yang bisa timbul akibat efek kemoterapi perlu disupport dengan asupan gizi yang baik, minuman sehat (air putih), cukup istirahat dan olahraga sesuai kemampuan. Berikut ini beberapa efek Sampingan yang dapat terjadi jika seseorang menjalani kemoterapi, diantaranya adalah : rambut rontok, kehilangan nafsu makan, sesak napas, mual dan muntah, mimisan, gusi berdarah, gampang memar, sulit tidur, rasa lelah dan lemah sepanjang hari, konstipasi atau diare. Efek samping bisa saja tidak dialami oleh seseorang yang menjalani kemoterapi, oleh karena kondisi tubuh seseorang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Keluhan yang dialami oleh bapak Anda saat ini sebenarnya dapat saja merupakan suatu efek samping kemoterapi. Jika memang hal ini membuat ibu Anda khawatir berlebih, maka kami sangat menyarankan untuk menanyakan hal ini kepada dokter yang telah menangani agar lebih jelas.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S