Tanya Dokter

  • keputihan hingga berwarna kecoklatan disertai sakit pinggul

  • Malem dok.. Sy wahyu umur 22 thun... Saya sering mengangkat lansia beratnya 70 kilo lbih... Lalu akhir2 ini saya mengalami keputihan diserrai warna kecoklatan... Disekitar Pinggul saya jg sakit... Bajkan berat badan saya menurun.. Pdahal makn teratur dan banyak... kira2 saya sakit apa ya dok, dan bagaimna cara mengatasinya,, trimakasih
    Nayya Ukhty Munira  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo,

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter. Keputihan yang bewarna kecoklatan yang disertai dengan pinggul yang sakit dan berat badan yang menurun ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Penyakit radang panggul, infeksi menular seksual seperti gonore, adanya pertumbuhan jamur di kemaluan merupakan beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi Anda ini. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat memperparah kondisi Anda ini:

    --> riwayat hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi

    --> tidak bersih ketika membersihkan kemaluan

    Sebaiknya kondisi ini Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lanjutan. Dokter akan melakukan pemeriksaan pewarnaan keputihan Anda untuk mendeteksi apakah ada bakteri/tidak di cairan keputihan ini. Selain itu, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan liang kemaluan Anda untuk melihat apakah ada luka di daerah tersebut.

    Kedepannya, ada baiknya Anda menggunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi risko terkena penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan keputihan ini. Selain itu, ada baiknya membersihkan kemaluan secara baik terutama setelah BAB untuk mencegah infeksi di daerah kemaluan. Periksakan segera masalah Anda ini ke dokter.

    Salam Sehat,

    dr. Sutandi