Tanya Dokter

  • efek kista dan mioma pada kehamilan

  • Dokter skg usia kandungan saya sekitar 3 minggu. Ini kehamilan pertama. Saya didiagnosa mioma sebesar 4cm dan kista. Saya khawatir skali ini akan berpengaruh pada janin saya. Biasanya pd kondisi seperti saya bagaimana pengaruhnya pd janin atau pd proses melahirkan. Terimakasih byk dok..

    Dok bales dong...

    Hello, Penyakit mioma atau tumor pada rahim dapat berpotensi memberikan ganggguan pada janin selama kehamilan. Potensi negative yang dapat terjadi pada kehamilan akibat mioma rahim, antara lain :

    1. Aborsi
    2. Kelahiran premature
    3. Gangguan plasenta
    4. Nyeri pada panggul
    5. dan lainnya
    Untuk itu diperlukan pencermatan mengenai lokasi mioma, posisi, letaknya terhadap plasenta, struktur miomanya, guna mendeteksi risiko komplikasi yang mungkin terjadi. Selain itu diperlukan juga pemeriksaan control dari dokter secara teratur guna mengantisipasi kemungkinan yang mungkin terjadi. Hubungan antara kista dengan kehamilan sangat tergantung pada lokasi kista dan jenis kistanya. Pakah kista tersebut tumbuh di rahim, ovarium, serviks, atau tempat lainnya. Konsultasikan pada dokter yang memeriksa Anda untuk informasi lebih jelas mengenai kista yang Anda alami. Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean

    Terimakasih dokter...