Tanya Dokter

  • Efek kurang tidur

  •  Faiha Ansori
    Anggota

    Assalamualaikum

    selamat siang dok

    saya perempuan umur 30 tahun, pekerjaan saya sehari-hari  bekerja di kantor dan menulis.

    karena tuntutan pekerjaan,  waktu tidur jadi berkurang.  Apakah ada dampak buruk jika ini terus menerus terjadi? Berapa jam waktu tidur normal untuk perempuan seusia saya? Dan apabila tidak bisa dihindari, adakah vitamin atau hal lain yang bisa saya lakukan agar saya tetap bugar meski waktu tidur berkurang?

    selain itu, apakah hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap  program hamil yang kebetulan sedang saya jalani?

     

    terimakasih dok

    Hallo Faiha

    Secara fisiologis (mekanisme tubuh secara normal) tubuh manusia memerlukan tidur yang berkualitas (tidak terbangun-bangun, tidak gelisah, tidak batuk-batuk ataupun bolak-balik wc) pada malam hari kira-kira sebanyak 7 jam lamanya.

    Pada saat tidur akan terjadi proses pembersihan sampah-sampah metabolik yang dihasilkan oleh tubuh pada saat terbaung, kemudian tidur juga memfasilitasi proses daya ingat dan pembelajaran jadi tak heran kalau orang yang kurang tidur justru sulit berkonsentrasi dan cenderung mudah lupa. Kekurangan tidur juga mempengaruhi pola berpikir dan psikologi seseorang sehingga cenderung mudah marah/tersinggung dan gangguan prilaku.

    Kekurangan tidur dalam waktu lama juga akan menyebabkan penuaan kulit dan peningkatan berat badan serta meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes

    Pemberian vitamin tidak dapat menggantikan kebutuhan tubuh akan tidur, efek dari kurang tidur tidak bersifat instant, keluhan-keluhant tersebut akan muncul secara perlahan dan bahkan tidak disadari sampai munculnya keluhan yang sudah cukup berat.

    Terlebih lagi jika sedang menjalani program hamil, untuk menghasilkan sel telur yang sehat dan matang tentunya tubuh harus dalam keadaan sehat serta keseimbangan kadar hormon dan proses metabolisme tubuh terjaga dengan baik. Sel telur yang sehat berperan Selain itu apabila kondisi kurang tidur terus dibiarkan sampai saat sudah hamil juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan janin.

    Sebagai saran untuk Anda adalah mengakali bagaimana agar tetap tidur cukup terutama saat malam hari, seperti misalnya berusaha mengerjakan pekerjaaan lebih efektif sehingga dapat selesai saat jam pulang kerja, kemudian usahakan tidak mampir-mampir sehabis pulang kerja, bahkan jika ada kesempatan Anda bisa tidur di saat perjalanan pulang jika durasi perjalanan cukup lama/jauh ketika Anda sedang naik transportasi umum seperti bus, kereta, dsb.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold