Tanya Dokter

  • Efek levofloxacin atau hal lain?

  • Dok sya mau tanya, sya menderita thypoid pada saat di cek tubex sya positif saat demam hari ke 5. Kemudian berobat ke poli umum, sya di beri antibiotik levofloxacin awalnya saya tdk merasa gejala2 org thypoid setelah sya minum obat dri dokter tiap malam sya sulit tidur, perut sya sakit sekali, keringat dingin, mual bahkan sampai muntah. Saya bingung ini efek thypoid ataukah sya tdk cocok dgn levofloxacin ya dok?

    Halo, Jika gejala segera muncul setelah meminum obat mungkin saja disebabkan oleh antibiotik tersebut. Karena umumnya antibiotik levofloxacin menimbulkan efek samping seperti gejala-gejala yang Anda sebutkan diatas. Untuk mengatasi  efek samping obat adalah dengan mengganti obat tersebut dengan jenis lain yang memiliki kerja yang sama, tetapi tentunya harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat. Yang perlu dilakukan untuk terhindar dari efek samping obat :

    • Patuhi aturan dokter dalam mengkonsumsi  obat levofloxacin, obat ini dapat diminum sebelum dan setelah makan.
    • Minumlah obat levofloxacin pada pagi hari, jika diberikan 2x sehari minumlah jarak minimal 12 jam antar dosis.
    • Minumlah levofloxacin pada jam yang sama setiap harinya untuk efek yang maksimal.
    • Jika Anda kesulitan menelan obat secara utuh bagi dualah obat tersebut jangan dikunyah atau dihancurkan.
    • Jika Anda lupa meminum levofloxacin pada salah satu dosis jangan menggandakan meminum obat tersebut di jam yang sama, sebaiknya minum segera setelah Anda ingat jika jaraknya tidak terlalu dekat.
    • Jangan meminum suplemen yang mengandung zinc berbarengan dengan levofloxacin, berikan waktu minimal 2 jam sebelum mengkonsumsi levofloxacin.
    • Habiskan obat yang diresepkan oleh dokter untuk mencegah infeksi kambuh kembali.
    Baca artikel terkait : Levofloxacin Semoga membantu, dr. Rievia