Tanya Dokter

  • Efek Obat

  •  Asrori Rory
    Anggota

    dok teman saya terkena ITP, dan dia diberi obat steroid dan sangobion saja, sudah sebulan dia minum tapi trombosit tetap turun, apakah baik dengan obat itu saja? teman saya juga belum menstruasi semenjak minum obat itu terima kasih dok

    Halo, ITP merupakan suatu penyakit autoimun di mana tubuh memiliki kadar trombosit yang rendah. Hal ini terjadi karena sistem pertahanan tubuh secara salah menyerang trombosit. Ketika kadar trombosit di dalam darah rendah, maka kemungkinan terjadinya memar dan perdarahan sangat besar. Terapi utama yang diberikan kepada penderita autoimun adalah pemberian steroid dosis tinggi. Selain itu obat untuk meningkatkan produksi trombosit seperti trombopoietin reseptor agonis juga kadang diperlukan. Tetapi pemberian obat ini berdasarkan pertimbangan dari dokter yang menangani teman anda. Selain itu pada beberapa kasus, pemberian steroid dosis tinggi memang mempengaruhi siklus menstruasi. Dengan menghentikan konsumsi obat steroid, maka siklus menstruasi akan kembali seperti semula. Tetapi selain efek samping obat, gangguan pada siklus menstruasi juga dapat disebabkan oleh hal lain. Silahkan membaca diskusi berikut tentang tidak menstruasi. Semoga membantu, dr. Tri