Tanya Dokter

  • Sensasi terbakar pada mulut setelah menggunakan obat kumur

  •  annisara
    Anggota

    Selamat malam dok, perkenalkan saya Annisa, mahasiswi kedokteran gigi, saya ingin bertanya dok, bagaimana etiologi noda pada gigi dan sensasi terbakar pada mulut karena penggunaan obat kumur ?

    Terima kasih dok. Semoga dokter berkenaan menjawab pertanyaan saya, saya benar-benar butuh pencerahan untuk bahan tugas saya. :)

    Halo,

    Dari berbagai sumber ilmiah medis, dikatakan memang penggunaan obat kumur dengan kandungan Chlorhexidine dapat memicu pembentukan staining (noda) pada gigi. Selain itu obat kumur dengan kandungan Benzinamide juga menyebabkan munculnya efek samping sensasi terbakar dan kebas pada lidah dan mulut.

    Belum diketahui bagaimana proses patofisiologi terjadinya kedua efek samping tersebut. 

    Sensasi terbakar akibat penggunaan obat kumur, dapat disebabkan oleh iritasi bahan obat kumur yang biasanya merupakan antiseptik.

    Untuk pembentukan noda gigi akibat penggunaan obat kumur jangka panjang, disebutkan karena kandungan prechromogen pada obat kumur berikatan dengan enamel gigi dan terjadi reaksi kimia tertentu yang menyebabkan staining. Baca di sini mengenai penjelasannya. Perlu diingat juga, pembentukan noda gigi tidak dapat terjadi karena faktor penyebab yang tunggal, selalu ada faktor pemicu lain misalnya higiene oral yang buruk, kondisi medis tertentu, dan pembentukan plak yang sudah sejak awal ada dan tidak ditangani selama penggunaan obat kumur jangka panjang.

    Untuk menambah info mengenai pembentukan noda gigi, baca dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.