Tanya Dokter

  • efek obat TBC kelenjar dan penanganannya

  •  kyo18
    Anggota

    Pagi dok, skr sy lg terapi pengobatan tbc kelenjar memasuki minggu ketiga dengan obat resep: Rifampicin 1x1 pulna forte 1x2 Pyrazinamide 1x3 semua 1/2 jam sebelum makan.

    Pada waktu minum obatnya blm ada reaksi apa2,tp 10 menit setelah makan reaksinya muncul kecing kemerahan, mual, rasa gatal yang luar biasa, rasa gatal ini dirasakan sampai 6jam.

    Apakah ada cara untuk mengurangi reaksi ini?agar terapinya lancar?

    Mohon bantuannya dok..Terima Kasih.

    Halo, Pada penggunaan obat Rifampicin wajar terjadi kencing yang kemerahan. Hal ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya ketika Anda selesai menjalani pengobatan. Mual juga merupakan salah satu efek samping yang sering muncul pada pengobatan TBC. Pada umumnya rasa mual ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara rutin. Sedangkan efek samping berupa rasa gatal pada kulit, bukan keluhan yang umum terjadi. Sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter yang menangani Anda. Silahkan membaca artikel tentang rifampicin, ethambutol, isoniazid Semoga membantu, dr. Tri

    kyo18  kyo18
    Anggota

    JIka melihat artikel isoniazid, sepertinya kesemutan yang dirasakan memang efek dari isoniazid, apakah ada cara untuk mengurangi efek nya?