Tanya Dokter

  • Efek samping obat tuberkulosis

  • siang dok. saya perempuan 21 th mengalami tbc dan sedang dalam pengobatan rutin 6 bulan. nafsu makan naik turun. belakangan ini nafsu makan sedang naik karna dibantu citamin. tapi setiap makanan yg saya makan kemarin, keesokannya akan bab tanpa henti berbentuk air bisa 5-6x sehari. serta perybahan suhu yg biasanya dingin, jd panas sekali setiap mau tidur. obat yg diberikan adalah obat PRO TB 4. apakah ini efek obat / memang penyakit tbc spt ini? thanks.

    Halo Melissa,terimakasih telah bertanya di alodokter. Pada dasarnya TBC adalah penyakit paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis,biasanya penyakit ini memiliki gejala seperti batuk terus menerus selama 1 bulan,penurunan berat badan,demam,mual dan muntah,serta keringat pada malam hari. Penogbatan TBC menggunakan Obat Anti Tuberkulosis yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Keluhan yang anda rasakan sebenarnya dapat berupa dari efek pengobatan ataupun gejala dari penyakit TBC itu sendiri, Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan adalah:
    1. INH : lemas,kesemutan,mual dan muntah
    2. Rifampisin : Demam, nyeri tulang,mual dan muntah, diare,anemia,ruam kemerahan
    3. Pirazinamid : Hepatitis drug induced (hepatitis oleh karena konsumsi obat),nyeri pada sendi,asam urat yang meningkat
    4. Etambutol : Buta warna merah hijau,gangguan penglihatan
    5. Streptomisin : Demam,nyeri kepala,muntah
    Selama pemakaian obat-obatan ini,biasanya akan diberikan obat pendamping untuk mengurangi efek yang ditimbulkan. Sangat disarankan anda kembali berkonsultasi ke dokter terkait mengenai gejala yang anda alami. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat.Salam dr. Celleen