Tanya Dokter

  • Efek postinor terhadap siklus menstruasi

  •  Katharina Eka
    Anggota
    Selamat siang Dok. Saya minum postinor 2 minggu yang lalu sebanyak 4 tablet dan saat ini saya pasca haid. Jadwal haid saya memang jatuh pada minggu2 ini dok. Namun biasanya saya haid sekitar 5 hari (dari awal hari pertama - sampai benar2 selesai tidak mengeluarkan darah). Tapi sampai sekarang haid saya belum selesai. Di hari ke 4-5 masih mengeluarkan darah segar yang bercampur lendir, walaupun jumlahnya hanya sedikit dan tidak memenuhi pantyliner. Apakah ini normal dan efek dari postinor dok? Ataukah ini efek minum postinor yang berlebihan? Terimakasih.
    Katharina Eka  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Katharina,

    Postinor mengandung levonorgestrel yang berfungsi sebagai alat kontrasepsi darurat. Levonorgestrel bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti nyeri perut, sakit kepala, pusing, mual, muntah, kelelahan, diare, dan juga menyebabkan menstruasi menjadi lebih banyak atau terjadi perdarahan.

    Dengan demikian, menstruasi yang Anda alami lebih panjang dibandingkan biasanya bisa saja merupakan efek dari levonorgestrel yang Anda minum. Untuk sementara Anda tidak perlu khawatir ya.

    Apabila menstruasi memanjang sampai lebih dari 14 hari, saya sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab menstruasi memanjang sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang diperlukan. Dan untuk selanjutnya, bila belum ingin hamil sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi lainnya saja. Levonorgestrel tidak ditujukan sebagai alat kontrasepsi jangka panjang ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Levonorgestrel

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y