Tanya Dokter

  • Efek samping obat antibiotik pada pencernaan

  • ok,sy ijin nanya, Dok sy kmrn periksa ke puskesmas, dg keluhan batuk kering, muntah, demam. Diberi obat paracetamol, obh, sama antibiotik co-amox, tp setelah minum antibiotik semalaman perut sy kok kembung dan keras y dok? Apakah itu memang efek samping nya? Apakah aman utk sy lanjutkan dok?

    Halo Wahyuni,
    pada pertanyaan anda,antibiotik biasanya diberikan atas resep dokter untuk penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri,seperti:
    1. Batuk yang disebabkan bakteri
    2. Pneumonia /radang paru
    3. Gastroenteritis/diare
    4. Infeksi saluran kemih
    5. Penyakit menular seksual
    6. DLL
    Setiap antibiotik memiliki dosis yang dianjurkan serta dosis maksimum per hari nya,dan memiliki beberapa efek samping maupun reaksi alergi. Berikut adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan:
    1. Mual
    2. Muntah
    3. Diare
    4. Kembung
    Sedangkan reaksi alergi yang ditimbulkan berupa:
    1. Mual dan muntah
    2. Diare
    3. Rash kemerahan di kulit
    4. Pusing
    5. Sesak napas
    Penanganan sementara yang dapat dilakukan adalah segera konsultasikan obat antibiotik pada dokter yang bersangkutan,jangan mengkonsumsi obat lain terlebih dulu. Karena keluhan anda tidak dapat diketahui merupakan reaksi alergi atau efek samping yang didapat dari obat, anda mengalami reaksi hipersensitifitas dari obat tersebut. Jika anda alergi terhadap suatu substansi biasanya diperlukan pemeriksaan alergi lebih lanjut. Semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen