Tanya Dokter

  • Efek samping dari penggunaan L-Tyrosine

  •  Farrel
    Anggota

    Malam dok, saya mau tanya, saya pria usia 21 tahun, sebelumnya saya pernah kecanduang obat terlarang, dan baru 4 bulanan ini berhenti, dan kebetulan ada teman saya yang merekomendasikan memakai l-tyrosine ini, katanya bisa bantu lepas dari kecanduan karena membantu memproduksi dopamine di neurotransmitter gitu. tapi setelah saya konsumsi selama 3 hari ini, badan saya jadi lemas dann kyak nggak ada energi gitu, apakah ini wajar karena efek samping dari l-tyrosine ini? karena kalau kita tidur kan membantu memproduksi hormon dopamine juga, apakah ini efek samping dari l-tyrosine? terima kasih

    Hallo Farrel

    Narkotika dan obat-obatan terlarang akan berdampak buruk terhadap kesehatan, maka itu saya turut senang atas keberhasilan Anda untuk berhenti mengkonsumsi zat-zat tersebut, namun konsumsi L-tyrosine meskipun cocok untuk orang lain belum tentu tepat apabila dikonsumsi oleh Farrel karena bisa saja kondisi Anda dan teman Anda berbeda, yang tepat Adalah mengkonsultasikan hal ini ke dokter terlebih dahulu sehingga dokter dapat melakukan evaluasi kesehatan dan mempertimbangkan obat atau terapi apakah yang tepat dan sesuai dengan keadaan Anda.

    Tyrosine sendiri adalah suatu asam amino yang berfungsi sebagai pembentuk protein, tyrosine bisa didapatkan dari produk-produk susu (susu, keju,roti, yoghurt) daging, ikan, telur, kacang-kacangan, oats, dan tepung.

    Adapun indikasi dari peberian suplemen L-tyrosine adalah untuk mereka yang sedang dalam fase putus/berhenti dari pemakaian kokain, depresi, gangguan perhatian, sindroma pre menstruasi, menurunnya libido(birahi), skizofren. Sedangkan efek sampingnya adalah berupa mual, sakit kepala, badan terasa pegal dan lelah, nyeri ulu hati, dan nyeri pada sendi.

    Jadi apabila Anda sebelumnya bukan pengguna produk kokain, maka penggunaan L-tyrosine tersebut akan kurang bermanfaat.

    Meskipun efek dari konsumsi L-tyrosine salah satunya adalah menyebabkan rasa lelah dan pegal-pegal, belum bisa di pastikan apakah yang Anda alami saat ini akibat efek  L-tyrosine atau karena adanya hal lainnya seperti fibromyalgia, anemia, hipotensi, stres, dsb.

    Untuk itu diharapkan agar Farrel berkonsultasi dengan dokter secara langsung yaa, agar dapat dilakukan evaluasi kesehatan. Nah nantinya dari hasil evaluasi tersebut akan didapatkan informasi yang bergunda bagi dokter dalam merencanakan pengobatan ataupun terapi yang tepat.

    Artikel terkait untuk disimak


    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold