Tanya Dokter

  • Efek samping dosis acyclovir

  • Selamat malam dok.

    Saya mau tanya perbedaan dosis yang diberikan kepada penyakit herpes apakah berpengaruh dok?? Apakah ada efek samping'nya. Saya dikasih acyclovir tablet 200Mg. Apakah berbeda dengan acyclovir tablet 500Mg?? Mohon penjelasannya.

    Rangga Dwi Putra  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Rangga, Pertama-tama, tidak ada preparat acyclovir 500 mg, preparat acyclovir tablet tersedia dalam tablet 200 mg dan 400 mg. Pada dasarnya penggunaan acyclovir aman, sepanjang digunakan dalam rentang sosi yang dianjurkan. Kedua, herpes apa yang anda alami? Pada kasus herpes simpleks atau herpes genital, maka dosis yang lazim pada dewasa adalah 5x200 mg sedangkan pada herpes zoster/ dompo/cacar ular dosis yang lazim adalah 5x800 mg. Pada cacar air 5x800mg. Efek samping yang  dapat terjadi pada penggunaan acyclovir oral/minum :

    • Rasa lemas (10-12%)
    • Mual (2-5%)
    • Muntah (<3%)
    • Sakit kepala (2%)
    • Diare (2-3%)
    • Efek samping lain dengan frekuensi < `1% :
      • sakit perut
      • Alergi
      • Anemia
      Jadi melihat dari jenis efek samping dan frekuensinya dapat dikatakan bahwa asiklovir cukup jarang menimbulkan efek samping, dan aman untuk digunakan dalam rentang dosis (tergantung jenis herpesnya) yang digunakan. herpes zoster herpes simpleks demikian yang dpaaat saya sampaikan ,semoga bermanfaat.

    Saya terkena Herpes Zooster dok, terus dikasih obat sebagai berikut: Acyclovir oral 200Mg 3X1 hufaflox 500Mg 2X1 Orphen 3X1 sedangkan pada herpes zoster/ dompo/cacar ular dosis yang lazim adalah 5×800 mg. Itu maksud'nya gimana ya dok?? Apakah minum 2 Tablet yang dosis'nya 400Mg??

    Rangga Dwi Putra  dr. Rico N
    Dokter

    dosis lazim maksudnya adalah dosis standar, dosis yang tercantum dalam literatur kedokteran yang umumnya dapat menyembuhkan suatu penyakit. Pada herpes zoster dosis lazimnya adalah 5 x 800 mg (2 tablet 400 mg atau 4 tablet 200 mg, 5 kali sehari). Banyak sekali? Tidak, karena memang dosis lazimnya seperti itu. Tetapi jika dokter anda memberikan dosis yang lain/berbeda dari dosis lazim itu bisa saja, karena tentunya dokter tersebut mungkin memiliki pertimbangan-pertimbangan lain, seperti usia, berat badan, keparahan penyakit, ada/tidaknya gangguan fungsi ginjal/liver, dsb sehingga perlu penyesuaian dosis. orphen adalan anti gatal hufaflox adalah antibiotik, yang umumnya diberikan jika dicurigai terdapat infeksi sekunder bakteri pada lokasi herpes tersebut.

    Dok apakah mugkin herpes zooster bisa menyerang daerah maaf tumbuh'nya rambut kemaluan?? Berapa lama saya harus mengonsumsi acyclovir dok?? Acyclovir yang diberikan hanya sampe 3 hari apakah saya harus terus mengonsumsi sampai herpes tersebut mengering?? Apakah dosis tersebut bisa ditingkatkan jika herpes tidak kunjung sembuh??

    Rangga Dwi Putra  dr. Rico N
    Dokter

    Mungkin saja, HZ dapat menyerang area manapun di tubuh, tetapi dengan distribusi khas, yakni hanya sesisi saja (kanan atau kiri; dapat terjadi pada kedua sisi tetapi jarang dan biasanya berat jika itu sampai terjadi) Umumnya asiklovir pada HZ dimulai dalam 72 jam pertama sejak gejala muncul dan diteruskan hingga 7-10 hari atau sesuai dengan pertimbangan dokter