Tanya Dokter

  • Pengaruh penggunaan IUD terhadap siklus menstruasi

  •  Zulaikha
    Anggota

    Hallo dok. Saya ibu dengan 1 anak . Umur saya 23 th.. saya pasang iud 3 thn yang lalu . Awalnya memang tidak ada efek samping dr iud . Tapi sekarang mengapa haid saya tidak teratur dan tidak selancar dulu ya dok..

    Halo Zulaikha....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa menstruasi merupakan peristiwa meluruhnya dinding sel rahim bagian dalam yang keluar melalui vagina yang berupa darah. Menstruasi sendiri normalnya mempunyai siklus 28 hari sampai dengan 35 hari, dan terjadi selama 3 hari sampai dengan 7 hari, serta darah yang keluar jumlahnya kurang lebih 40 mililiter. Menstruasi yang tidak lancar memang salah satunya disebabkan oleh karena alat kontrasepsi IUD ( spiral ) atau pil KB. IUD umumnya dapat menyebabkan darah yang keluar pada saat menstruasi lebih banyak ataupun sakit perut di bagian bawah. Selain dari alat kontrasepsi, kondisi yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh karena : obesitas, kelelahan, stress psikologis, penurunan berat badan yang sangat drastis, sindrom ovarium polikistik, gangguan pada kelenjar tiroid, dll. Kami sangat menyarankan kepada anda untuk menemui Dokter Spesialis Kebidan dan Kandungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut ( misal : pemeriksaan fisik === khususnya organ intim, tes darah, USG khusus obsgyn, dll. ), sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : MENSTRUASI TIDAK LANCAR Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati