Tanya Dokter

  • efek samping vitamin B kompleks

  •  ulul21
    Anggota
    Alo dok.. slmt malam,, sya ingin bertanya.. 1 minggu lalu sya mengonsumsi obat neurob*ran, sya mendapat obat tersebut dri klinik, dngan anjuran pakai (1xsehari), yg jdi masalah.. ktika sya telah minum 2x, Sya berhenti meminumnya, karena sya merasa ada efek samping pada pembuluh darah saya, dimana pembuluh darah saya banyak yg mengalami pelebaran, selain itu kulit sya jg menjadi gelap kemerahmerahan, juga sya merasa nyeri di beberapa bagian. Menurut dokter apa yg menyebabkan hal tersebut? Apakah memang obat tersebut bekerja seperti itu? Ataukah obat itu palsu? Trimakasih dok :)  

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Neurobion merupakan merk dagang obat golongan suplemen yang mengandung vitamin B kompleks, yaitu vitamin B1, B6, dan B12. Saya tidak akan membahas mengenai salah satu produk tertentu, melainkan suplemen vitamin B kompleks secara umum.

    Vitamin B kompleks disebut juga sebagai vitamin neurotropik, yang artinya menutrisi sel saraf. Suplementasi vitamin B kompleks utamanya pada penyakit-penyakit saraf, misalnya meredakan kesemutan. Obat ini termasuk obat bebas yang bisa diperoleh diberbagai apotek. Meskipun demikian, obat ini juga bisa menimbulkan efek samping, misalnya reaksi alergi, gatal dan bengkak di kulit, sensasi rasa hagat, keringat berlebih, mual muntah, dan sebagainya. Efek samping ini jarang ditemukan, mengingat vitamin B kompleks termasuk dalam vitamin larut air yang akan dikeluarkan dari tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

    Mengenai keluhan yang Anda rasakan saat ini, ada baiknya diperiksakan kembali ke dokter yang sebelumnya menangani Anda. Keluhan tersebut bisa berhubungan dengan konsumsi obat ataupun terdapat kondisi medis lain yang mendasari. Melalui pemeriksaan secara langsung, dokter akan memastikan diagnosis sekaligus penanganannya.

    Semoga bermanfaat 

    dr. Lili