Tanya Dokter

  • efek samping obat

  • Permisi dok?saya mau tanya.ibu saya berumur 51 tahun,sudah 1 bulan lebih ibu saya berobat jalan mengkonsumsi obat flek paru.tapi sudah seminggu ini,nafsu makan ibu saya menurun,mual,muntah,pusing dan lemas,lambung nya terasa perih.saya konsultasi kan lagi ke dokter,dan dokter memberikan ibu saya obat lambung,ada 3 obat lambung :ranitidine,lansoprazole,dan vesperum,sedang kan obat paru yang di konsumsi ibu saya adalah :ethambutol,rifampicin,corsazinamid,inadoxin,dan graficin,apakah semu obat ini boleh di konsumsi secara bersamaan?dan kenapa ibu saya malah lemas,mual,dan berat bdan turun

    Halo Roka........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh ibu Anda kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan pada lambung yang dalam bahasa medis disebut sebagai tukak lambung atau tukak peptikum.

    Tukak lambung merupakan luka yang muncul pada dinding lambung akibat dari terkikisnya lapisan dinding lambung yang berpotendi muncul pada dinding pertama usus kecil ( duodenum ) serta kerongkongan ( esofagus ).

    Gejala dari timbulnya tukak lambung sendiri diantaranya adalah : Nyeri atau perih pada bagian perut === khususnya ulu hati, biasanya gejala sering muncul pada malam hari, gejala terasa makin parah jika perut kosong, hilangnya nafsu makan === penurunan berat badan, mual --- muntah, dll.

    Penyebab dari tukak lambung yang telah diketahui adalah karena adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori dan penggunaan obat anti inflamasi non - steroid === biasanya untuk menghilangkan rasa nyeri pada tubuh ( misal : ibuprofen, diclofenac, dll. ).

    Semua obat yang diberikan oleh Dokter boleh diminum ibu Anda, karena obat tersebut bekerja pada masing - masing tempat yang berbeda pada organ tubuh ibu Anda. Akan tetapi kami menyarankan kepada ibu Anda agar : makan makanan bergizi dan sehat tepat waktu, hindari mengonsumsi makanan asam / pedas / berlemak / digoreng, minum air putih minimal 2 liter perhari, ikuti saran dan pengobatan dari Dokter yang telah menangani ibu Anda.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    TUKAK LAMBUNG

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati