Tanya Dokter

  • Berapa lama efek samping obat OAT akan hilang?

  • Haloo dok.. Saya mau tanya. Saya kan penderita TB saya sering merasakan efek samping dari obat OAT kira2 jika saya sudah selesai terapi obat OAT selama 6bln apakah efeksamping obat OAT akan hilang dalam jangka lama atau sebentar???

    Halo Muthiara Indah,

    Pengobatan TB adalah dengan menggunakan obat antibiotik khusus yang disebut dengan OAT atau Obat Anti Tuberkulosis. OAT sendiri biasanya merupakan obat golongan antibiotik yang berupa isoniazid, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol.

    Efek samping yang umumnya terjadi akibat penggunaan OAT diantaranya adalah rasa mual, muntah, warna air kencing yang berubah menjadi kemerahan, timbul ruam pada kulit, dan lain-lain.

    Efek samping yang Anda alami nantinya akan menghilang seiring dengan penghentian obat ini, oleh karena itu baiknya Anda tidak terlalu merasa khawatir. Namun apabila efek samping penggunaan OAT dirasa sangat mengganggu, konsultasikan hal ini dengan dokter yang merawat Anda agar nantinya dapat diberikan obat yang dapat mengatasi efek samping yang muncul.

     

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra